Ademos Mengemas “Ngabuburit” Dengan “Sinau Bareng Literasi Digital”

SINAU BARENG : Suasana “sinau bareng” di “panggonan” Ademos Dolok gede, Tambakrejo Bojonegoro Jawa timur (31/05)

Pewarta : Iwan Siswoyo

Dolok gede (31/05) kimderumaju.com – Literasi digital saat ini menjadi bahasan yang menarik oleh pengguna informasi teknologi (IT), dimana kemampuan akan penggunaannya dimanfaatkan pada hal positif. Bertempat di “panggon sinau bareng” Asosiasi Untuk demokrasi Sosial (Ademos) Desa Dolokgede, kecamatan Tambak rejo Bojonegoro, Jawa timur membuat kegiatan diskusi yang dikemas dengan literasi digital.

Doni BU, salah satu narasumber yang juga tenaga ahli bidang literasi digital kementerian kominfo mengapresiasi kegiatan “sinau bareng” yang diadakan bersamaan “ngabuburit” ini. “Dolok gede ini luar biasa, saya sudah browsing tentang kegiatan disini. Mulai pengembangan website, kegiatan belajar atau sinau bareng” ujarnya kepada peserta.

Kemenkominfo sangat mendorong keberadaan literasi digital pada banyak bidang yang dibutuhkan masyarakat. Riski Amelia, Wakil ketua Gerakan Nasional literasi digital #siberkreasi mengungkapkan yang saat ini lagi dikembangkan bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan ada beberapa hal lain termasuk diantaranya bidang pertanian. “sudah lama sebenarnya ajakan dari teman-teman ademos untuk kegiatan sinau bareng, cuma baru kali ini bisa terlaksana” ucap perempuan berjilbab ini.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini dihadiri juga Dedi Permadi, Direktur Center For Digital Society (CfDs) UGM. Dalam sinau bareng ini, dedi sapaan akrabnya mengingatkan peran serta semua pihak tentang hal positif dalam penggunaan IT.

“kita melihat sampah-sampah diinternet cukup banyak, peran serta bersama membersihkan harus dilaksanakan secara aktif” ucap pria yang asli Gunung kidul ini.

Dia juga mengingatkan kepada semua pihak, kususnya pemerintahan daerah dalam pengembangan IT, tidak serta merta harus seperti kota besar. Karena penyerapan anggaran sangat besar. Lebih baik memprioritaskan fungsi yang dibutuhkan oleh pemda dan masyarakat itu sendiri.

M kundhori, Direktur Ademos Mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran para narasumber serta Pegiat literasi digital yang turut serta dalam “Sinau bareng”, hal ini menjadi tujuan keberadaan Ademos untuk menjadi tempat saling diskusi dan silaturrohmi.

Sebagai mitra kegiatan ademos ini juga hadir Sigit Jatmiko Kabid Pengelolaan Informasi dan aspirasi publik kominfo Bojonegoro. Dia menyampaikan peran kominfo dalam hal kemitraan inilah yang membedakan dengan kominfo daerah lain. Dimana sinergitas salinh mendukung selalu terjalin.

“Sinau bareng” kali ini juga dihadiri plt Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Djoko Suharmanto, Blogger Bojonegoro, RTIK Bojonegoro, Forum KIM Kabupaten Bojonegoro, Internet marketer Nahdhotul Ulama’ dan pemuda-pemudi anggota Ademos. (*/wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2018 Frontier Theme