Agrowisata Jambu kristal Tingkatkan Perekonomian Warga

Para petani mengemas Jambu kristal untuk diambil tengkulak.

Pewarta : Irawan

Trucuk (03/09) kimderumaju – Seakan tak henti berinovasi untuk meningkatkan perekonomian Warga,  Kabupaten Bojonegoro terus bergerak mengembangkan potensi Daerah. Memanfaatkan lahan yang ada dipinggiran Bengawan Solo sejumlah warga di Desa Padang dan Mori, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengembangkan Agrowisata Jambu Kristal.

Di dua desa ini terdapat 34 petani yang menanam jambu kristal dengan luas lahan 7 hektar. Setiap harinya petani bisa memanen 16 kuintal. untuk penjualan jambu kristal sendiri, sudah ada yang mengambil dari beberapa tengkulak dari dalam dan luar Kota Bojonegoro untuk dijual kembali.

Tidak hanya menjual ke tengkulak, di lahan pertanian jambu kristal ini juga ada pelayanan petik langsung. dimana pengunjung bisa memilih dan memetik jambu, yang mempunyai daging yang tebal ini. bahkan setiap harinya ada saja pengunjung yang datang untuk berkunjung dan membeli. pada hari biasa ada sekira 20 orang yang datang, serta puncaknya pada hari minggu mencapai 50 orang pengunjung. selain dari Bojonegoro, pengunjungpun berasal dari luar kota, seperti Tuban, Lamongan, Gresik, dan Blora Jawa Tengah.

Abdul Majid, saslah satu petani Jambu kristal yang sudah merasakan manisnya usaha agrowisata Jambu kristal.

salah satu petani Jambu kristal, abdul majid merasakan berkah dari hasil Jambu kristal ini. pasalnya dari penjualan jambu kristal, dia dapat menjual 50 sampai 60 kg. “setiap hari dari hasil menjual jambu kristal, saya dapat mengantongi uang Rp. 750 ribu sampai  1 juta” tuturnya.

Dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro cukup berperan dalam pengembangan Agrowisata Jambu kristal ini. beberapa kali Kang Yoto (sapaan Bupati Bojonegoro, Suyoto) mengunjungi lokasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajarannya. serta para tamu undangan dari luar Daerah.

lokasi yang tidak jauh dari Agrowisata Belimbing Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, membuat Agrowisata Jambu Kristal mudah diakses. apalagi menuju lokasi pengunjung yang dari arah Kota Bojonegoro akan melewati Jembatan bendung gerak yang menjadi salah satu destinasi wisata di bojonegoro. dan ingin sangat membantu untuk mengembangkan Agrowisata Jambu kristal.

Masih bingung lokasinya?, KIM Deru Maju siap antar anda kelokasi dengan menggunakan jasa “Harya pethak”. klik https://kimderumaju.com/manfaatkan-wisata-lokal-jonegoro-bareng-keluarga-dengan-mobil-harya-pethak/(*/irw)

 

 

Updated: September 5, 2017 — 10:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme