Bagaimana Kata Hoax Menjadi Perhatian Saat Ini

Oleh Iwan Siswoyo

Bojonegoro (02/7) Kimderumaju. seiring berkembangnya Informasi Teknologi (IT) penyebaran sebuah Informasi begitu cepat. situasi ini terkadang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk membuat keresahan. disinilah istilah Hoax muncul dan berkembang dewasa ini.

Hoax sendiri berarti pemberitaan atau penyebarluasan informasi yang berisi tentang kebohongan, dan dengan sengaja disebarluaskan melalui berbagai media informasi. Dampaknyapun  berita Hoax dapat mencemarkan nama baik seseorang atau golongan tertentu.

Bahkan Istilah hoax atau kabar bohong dalam buku “Sins Against Science” yang ditulis Lynda Walsh, merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang masuk sejak era industri, dan muncul pertama kali pada 1808. artinya hoax sejak dulu memang sudah ada.

Ditambah lagi Hoax berkembang pada era pada tahun 2006 dimana sebuah Film yang dibintangi Richard Gere dan disutradarai oleh Lasse Halstorm membuat film dengan judul Hoax. dimana Film ini berisikan banyak kebohongan-kebohongan. hingga akhirnya istilah Hoax kembali menjadi perhatian.

Sebagai pengguna yang hidup pada masa yang serba canggih ini, selayaknya kita mulai bijak menggunakan IT, dan selalu memperhatikan serta jangan mudah di hasut dan membagikan sebuah berita yang belum tentu kebenarannya.

Dinas Komunikasi dan Informatika kini menyediakan aduan untuk penyebar hoax. dengan cara menscreen capture ur link  dan mengirim data ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. kiriman akan diproses melaui verifikasi, untuk pengirim akan dirahasiakan. (*)

Updated: August 3, 2017 — 6:16 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme