Grebeg Desa, Warga Deru Di Hibur Wayang Semalam Suntuk

kepala Desa Deru, Mulyono bersama Gareng di Pagelaran Wayang kulit semalam.

Pewarta : Iwan Siswoyo
Deru (28/10) kim deru maju – Dalam rangka Grebeg Desa sekaligus memperingati Hari Jadi Desa Deru ke 211, Pemerintahan Desa (Pemdes) Deru, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro Jawa Timur menggelar wayang kulit semalam suntuk di depan Balai Desa setempat.

Menghadirkan dalang Ki Kuswanto dari Jawa Tengah, pagelaran wayang semalam suntuk mengangkat lakon “Banjaran Gatot kaca”. 

Mulyono Kepala Desa Deru berharap dengan pagelaran wayang, masyarakat dapat terhibur dan tetap semangat dalam berkatifitas. 

“Pagelaran ini sebagai wujud syukur dan memperingati hari jadi Desa Deru. Selain itu Pemerintahan Desa Deru mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan dan prestasi yang diraih Masyarakat dalam hal ini Tim Bola Voli dan KIM Deru Maju” ujarnya.

Dalam cerita pagelaran wayang ini dikisahkan bagaimana kehidupan Gatot kaca yang sakti mandraguna hingga sejak lahir. Bahkan tali pusarnya tidak bisa potong oleh sebilah pisau. Dan hanya dapat putus oleh sarung warangka kuntawijaya milik Arjuna. Dan warangka itu bersatu pada tubuh gatot kaca.

Kisah ini juga menceritakan bagaimana raden gatot kaca harus tewas oleh Prabu Karna dalam perang Baratayuda. Dimana senjata kuntawijaya menghujam ditubuhnya.

Meninggalnya Gatotkaca sebelumnya sudah diprediksi bakal terjadi. Karena Dewa Narada yang bermaksud memberi senjata Kuntawijaya kepada Arjuna keliru memberikan kepada Prabu karna. Hal ini disebabkan wajah mereka berdua yang mirip. Hingga terjadi perkelahian hebat antara Arjuna dan Karna. Diakhir perkelahian Karna berhasil membawa pusaka Kuntawijaya, sedangkan Arjuna hanya mendapatkan warangka (sarung) Kuntawijaya.

Disinilah cerita ini diprediksi sejak lama, Karena Senjata kuntawijaya akan bersatu kembali dengan warangkanya. Yaitu menancapnya Kuntawijaya kedalam tubuh Gatotkaca. (*/wan

Updated: October 29, 2017 — 1:28 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2017 Frontier Theme