Hujan Sehari Bantu Harapan Petani

Minim Air : kondisi tanaman padi milik petani desa deru, daun menguning dan tanah pecah

Pewarta : Iwan Siswoyo

Deru (21/05) kimderumaju – Usia padi milik petani Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Jawa timur sudah berumur 50 hari setelah tanam (hst). Tapi hampir sebulan terakhir hujanpun tak kunjung turun. Tanah persawahan sudah mulai pecah dan tanaman padi menguning tanda kekurangan air.

Sungai yang melintasi desa tidak bisa diharapkan oleh para petani, karena sudah tidak ada air yang mengalir. Hal ini karena sumber dihulu sungai, yakni waduk pacal debit airnya sangat kurang karena pendangkalan.

Beberapa petani kadang terpaksa memompa air yang tersisa dari kubangan-kubangan sungai yang kotor.

Kemarin, senin(21/05) sekira pukul 14.00 wib, air hujan turun dengan deras, wajah petani desa setempat nampak bahagia. Karnadi warga RT 02 misalnya, dia bersyukur hujan telah turun, paling tidak telah membasahi daun-daun padi yang menguning.

“Alhamdulillah mas, ini yang kami tunggu. Semoga membantu memulihkan kondisi padi” ujarnya kepada KIM Deru Maju.

Hujan pada dua bulan kedepan kemungkinan akan beberap kali terjadi, hal ini bila merujuk surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan geofisika (BMKG) Jawa timur, yang menyebutkan akan ada perubahan suhu dan cuaca. Dimana wilayah Bijinegoro cenderung berawan dan bujan pada bulan mei sampai juli 2018.

Seperti diketahui musim dan cuaca selama sepuluh tahun terakhir sangat sulit diprediksi. Pada musim rendeng (penghujan; red), kadang tidak terjadi hujan, begitupula sebaliknya. Ditambah lagi serangan hama yang tidak ada habisnya. Belum lagi harga jual gabah yang tidak berpihak kepada petani karena kebijakan impor hingga membuat harga jual tidak menentu.

Dengan hujan turun paling tidak sudah mengurangi beban petani. Untuk mereka kembali optimistis dalam menjalankan usaha yang digeluti. untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan kehidupan yang layak(*/wan

Updated: May 22, 2018 — 6:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme