Kedungsumber Gelar Pelatihan TI Dan Kembangkan Laman Desa

SEMANGAT BELAJAR : Kardi, Kepala Desa Kedungsumber, kecamatan Temayang, Bojonegoro ketika membuka pelatiha IT dan pengembangan webdes dibalai desa setemlat (06/02)

SEMANGAT BELAJAR : Kardi, Kepala Desa Kedungsumber, kecamatan Temayang, Bojonegoro ketika membuka pelatiha IT dan pengembangan webdes dibalai desa setemlat (06/02)

Pewarta : Iwan Siswoyo

Temayang (06/02) kimderumaju – Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro gelar pelatihan teknologi informasi (TI) serta pengembangan Website desa (webdes) dibalai desa setempat.

Kegiatan yang fokus dalam pengoptimalan media online desa ini diikuti puluhan peserta, dari pihak perangkat, karang taruna dan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan ampel Surabaya.

Kegiatan yang didukung langsung oleh dinas komunikasi dan informatikan (kominfo) Bojonegoro sudah direncakan oleh pemerintah desa (pemdes) setempat sejak lama. Kardi, Kepala desa Kedungsumber menyampaikan kegiatan ini harusnya masuk kegiatan tahun 2017, tapi baru terlaksana februari ini. “kegiatan ini sangat kami harapkan, untuk mendukung langkah pengembangan keterbukaan desa, dan publikasi potensi” ujar pria yang juga pengusaha rumah kuno ini.

Hal itupun diamini Sahlan, Sekretaris camat Temayang. Bahwa kondisi saat ini tidak bisa lepas dari IT, pihaknya juga mengapresiasi pemdes kedungsumber yang punya inisiatif melaksanakan kegiatan pelatihan.

“saya berharap desa kedungsumber yang mempunyai letak geografis yang banyak potensi ini, mampu menjadi promotor atau penggerak bagi kecamatan temayang. Alhamdulillah sekarang sudah ada empat wifi yang dipasang di empat dukuhan, untuk mendukung sarana informasi”.

Hadir pula Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro, Kusnandaka tjatur prasetyo. Dalama sambutannya dia juga bangga akan langkah pemdes kedungsumber yang selalu berbenah. Dari tahun 2017 yang masuk dalam desa terbuka, Balai desanya yang sudah direhab sampai kegiatan pelatihan IT dan pengembangan webdes.

“perkembangan teknologi begitu cepat, publikasi akan potensi harus dilakukan. Media online baik ngeblog sampai youtube dapat menghasilkan bila itu digeluti”.

Diapun mengingatkan kepada peserta, kususnya mahasiswa UIN, agar sisa KKN ini dimanfaatkan sebaik-baiknya melaksanakan apa yang disampaikan pemateri.

Sebagai pemateri dinkominfo mengajak para praktisi yang berkompeten dibidangnya. Djoko suhermanto, Kepala bidang informasi publik menyampaikan, kegiatan kali ini diharapkan memberikan motivasi tersendiri bagi peserta yang dampaknya pada pengelolaan laman desa webdes.”dari empat dukuhan nanti akan disiapkan satu admin yang dapat mengisi laman webdes. Hal ini akan sangat optimal bila meliat luasnya deaa kedungsumber”.

Hadir pula Wartawan senior dari Tempo, koko Sujatmiko yang berbagi materi tentang cara penulisan berita. serta Agus Sudarmojo, dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, yang menyampaikan bagaimana peranan penting sebuah foto dan menulis keterangannya. Selain itu muhammad rifa’ai dari tim IT media center dan Iwan Siswoyo ketua KIM Deru Maju. (*/wan

Updated: February 7, 2018 — 8:42 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme