Pemdes Deru Libatkan Masyarakat Ikut Musrenbangdes

Suasana musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) Desa Deru (09/01)

Pewarta : Irawan

Deru (09/01) kimderumaju – Pemerintah Desa (pemdes) Deru, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro diawal tahun 2018 langsung melakuakan gerak cepat, dalam merencanakan dan menganggarkan untuk pembangunan desa yang akan dilaksanakan 2019.

Pemdes setempat mengundang seluruh lapisan masyarakat, guna mengusulkan dan mengetahui proses bagaimana tatacara dalam membangun desa yang transparan. bertempat di balai desa sejumlah masyarakat antusias mengikuti jalannya Musyawarah rencan pembangungan (Musrenbang) Desa pagi ini.

Mulyono, Kepala Desa Deru menjelaskan dengan kegiatan musrenbangdes masyarakat mendapat informasi secara jelas, terkait apa saya yang akan dibangun kedepan. “Saya berharap dengan diadakannya musrenbangdes secara terbuka seperti ini,  semua masyarakat tahu tentang pengelolaan dan pembangunan desa secara nyata. sebab desa deru saat ini menjadi sorotan ditingkat kabupaten karena keberhasilan nya dalam transparasi penggunaan anggaran dan pembangunan desa.” tuturnya

dia juga menambahkan desa deru baru saja mendapatkan juara dua dalam lomba open government partnership (OGP)Sehingga kedepan dalam transparansi harus lebih baik. dan Masyarkaat dapat melihat secara online, karena akan di publikasikan ke WebDes.

Hadir pula Ilham, camat sumberrejo. dalam sambutannya dia menyampaikan tentang beberapa hal, yang paling penting dan harus diketahui dalam perencanaan pembangunan merupalkan masukan dari masyarakat langsung. “musrenbangdes berasal dari kebutuhan masyarakat dan yang paling penting didahulukan untuk dilaksankana. dan perlu diketahui tidak semua dapat direalisasikan dalam satu tahun. dan hasil musrenbang tingkat desa masih perlu perjuangan lagi di tingkat kecamatan”. Tuturnya.

Sedangkan Faishol, dari Dinas Pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Bojonegoro, mengingatkan terkait sistem pembangunan desa saat ini, diprioritaskan tiga poin. Pertama, pemberdayaan Sumber daya masyarakat (SDM). Kedua, Bidang Kewirausahaan/usaha ekonomi produktif ditingkatkan. Dan yang terakhir Masalah Infrastruktur. “Kabupaten Bojonegoro tidak bisa mengandalkan Hasil dari Minyak terus menerus, suatu saat pasti akan habis, kalau tiap desa tidak ditunjang dengan banyak peluang usaha maka dapat dipastikan kedepan desa-desa ini pasti kebingungan dalam pembangunan” ucapnya.

Shodiqun Umar salah satu peserta musrenbangdes dan juga tokoh masyarakat menyambut baik dengan kegiatan hari ini. diapun berharap kegiatan ini menjadi manfaat untuk kemajuan desa deru kedepan (/irw

baca juga https://kimderumaju.com/berikut-hasil-musrenbangdes-desa-deru-2018/

 

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2018 Frontier Theme