Petani Tembakau Bojonegoro Optimistis Dengan Harga Panen

OPTIMISTIS: Salah satu petani Bojonegoro sedang merawat tembakau miliknya.

Pewarta : Irawan
Bojonegoro – Rasa optimis akan harga panen tembakau muncul di benak para petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mereka memperkirakan harga tembakau rajangan Virginia Voor Oogst (VO) tertinggi pada musim tanam tahun ini bisa mencapai Rp25.000/kilogram. hal itu berdasar dari kualitas tembakau untuk musim ini cukup bagus.
Sudirman salah satu petani di  Desa Sitiaji, Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro menyampaikan rasa harapannya.  “Kalau harapan petani tembakau rajangan Virginia VO petikan tengahan yang merupakan kualitas terbaik bisa mencapai Rp25.000 per kilogram,” ucapnya siang tadi.
petani yang menanam tembakau sekitar 8.000 pohon itu menambahkan, harga tertinggi tembakau rajangan Virginia VO itu dengan memperhitungkan bisa diperoleh keuntungan dari menanam tembakau pada musim tanam tahun ini.

Untuk jenis tembakau yang si tanam sendiri jenis Virginia Vo, maupun Jawa. dan itu tersebar di beberapa lahan Para petani. seperti di Desa Sitiaji, juga Desa Pacing, Tegalkodo, dan Jumput, Kecamatan Sukosewu, juga Desa Balonrejo, di Kecamatan Sugihwaras, “Kebanyakan tanaman tembakau disini proyek (bermitra dengan PT Gudang Garam) seperti milik Ridwan yang jumlahnya 50.000 pohon,” tambahnya.
Tidak hanya Sudirman, petani lain juga yakin akan masa depan tanaman tembakaunya. Lamijan misalnya. petani ini mulai memanen tembakau petikan bawah (gowok) sejak sehari lalu. untuk hasil panen pria ini memilih di rajang terlebih dahulu kemudian baru dijual kepada pedagang atau kepada gudang pembelian. Iapun memperkirakan harga tembakau rajangan Virginia VO petikan bawah itu bisa laku Rp10.000 per kilogram, karena kualitasnya cukup bagus.
Berita sebelumnya sejumlah Perusahaan siap membeli hasil panen dari petani. tapi sampai saat ini belum ada pembelian. di kutip dari media center Bojonegoro, Kasi Tanaman Semusim Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi,  membenarkan belum ada pengusaha atau pabrikan yang melakukan pembelian tembakau, kecuali PT Sadana Arifnusa Ngawi, yang bermitra dengan petani menanam temvbakau Virginia RAM.
“PT Sadana Arifnusa Ngawi sudah mulai melakukan pembelian tembakau sejak pertengahan Agustus lalu. Tapi saya tidak tahu harga awal pembeliannya,” ucapnya.
walaupun seperti itu rasa optimistis untuk produksi tanaman tembakau di daerahnya dengan luas tertanam sekitar 8.900 hektare mulai tembakau Virginia VO, Jawa juga Virginia RAM bisa terserap pabrikan.
“Bahkan mungkin kurang, sebab pabrikan rokok akan melakukan pembelian tembakau tahun ini mencapai 10.600 ton tembakau kering,” ucapnya. (*/irw/wan)

Updated: August 21, 2017 — 5:12 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme