Tanaman Kedelai Petani Sumberrejo Terancam Kurang Maksimal

Salah satu tanaman kedelai milik petani Desa Deru yang diserang hama ulat

Pewarta : Fahmi
Sumberrejo (7/8) Kimderumaju. Tanaman Kedelai milik Para Petani Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Jawa Timur, hasilnya terancam kurang makasimal. Pasalnya kondisi tanaman berpolong yang masih berumur 30 hari ini tidak tumbuh dengan maksimal.

Pantauan Kimderumaju.com di lahan pertanian Desa Deru mendapati beberapa problem mulai dari tanaman yang tidak tumbuh, sampai serangan hama ulat dan tikus.

Jaslan salah satu petani yang mempunyai lahan pertanian sewa milik Desa, sudah tidak mau banyak mengeluarkan biaya untuk kedelainya. “Pasrah saja mas, ketimbang banyak biaya untuk obat dan tenaga orang, tambah nggak kembali modal” tuturnya.

Beda lagi Nasir yang sudah banyak mengeluarkan biaya untuk tenaga, obat dan bibit, pusing memikirkan serangan tikus. ” hasilnya lumayan, cuma yang pinggiran pematang banyak dimakan tikus”. Ucapnya.

Melihat kondisi ini, bisa jadi kurangnya pengetahuan oleh para petani. Misalnya dari benih yang asal menyebabkan tidak tumbuh. Beranggapan bila bertanam kedelai tidak perlu di pupuk, cukup spray saja.

Sebelumnya tanaman kedelai menjadi altertnatif yang di tempuh oleh Petani Desa Deru, karena melihat kondisi terakhir persediaan air diirigasi mengering. Petani hanya bisa pasrah dan sesekali menspray dengan insektisida. (*/fah/kdm)

Updated: August 8, 2017 — 6:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme