Beluk serang padi petani Desa Deru

padi petani Desa Deru yang terserang potong leher
padi petani Desa Deru yang terserang potong leher
padi petani Desa Deru yang terserang potong leher

Kimderumaju.com beluk atau penggerek batang menyerang tanaman padi para petani di Desa Deru kecamatan Sumberrejo Bojonegoro. Tanaman padi yang sudah berumur sekitar 70 hari setelah tanam (hst) mulai terlihat jelas terkena serangan. Hal ini bisa di lihat warna malai padi yang memutih dan kosong tidak berisi. Dan bila di cabut batangnya ada sisa-sisa telur bahkan ulat kecil yang memotong batang.

Munir salah satu petani sore tadi (5/10/2016) terlihat sibuk mencabut malai-malai padi yang kering. “Saya cabut dan benamkan di lahan, agar tidak merambat ke padi lainnya” ucapnya. Pria yang menggarap lahan seluas 4000 m² ini sudah mencoba berbagai macam pestisida dari yanh murah sampai mahal.

Selain munir pono warga Desa Deru juga mengalami hal yang sama dan berharap hasilnya masih maksimal. “Rata-rata semua lahan milik petani di Desa Deru di serang beluk mas, mau gimana lagi semoga masih bisa panen” harapnya.

Pantauan kimderumaju di lapangan memang menjumpai kondisi ini hampir 10 % padi di serang penggerek batang. Belum lagi informasi Lilik Petugas penyuluh lapangan (PPL) Kecamatan Sumberrejo menginformasikan untuk para petani agar waspada serangan wereng. Ini di karenakan kondisi cuaca di Bojonegoro akhir-akhir ini lembab. (kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.