Beri Motivasi untuk Kembangkan Potensi Lokal

Kang Yoto saat ngetrail (sumber pic kanal Bojonegoro)
Kang Yoto saat ngetrail (sumber pic : kanal Bojonegoro)

kimderumaju. di sela-sela melakukan kunjungan ke Desa-Desa di wilayah Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Kangyoto panggilan akrab Bupati Bojonegoro ini selalu memberi semangat bagi warganya.

Salah satunya adalah saat Kang Yoto ngetrail di wilayah hutan Tretes yang ada di Kecamatan Gondang. “Saya oleh warga setempat disuguhi aneka pisang, dan ada satu jenis pisang yang paling akhir dikeluarkan,” kata Kang Yoto.

Pisang terakhir yang dikeluarkan itu memang terlihat tidak semenarik pisang-pisang lainnya. “Ini pisangnya jelek kang, orang sini tidak suka, tidak laku dijual,” ujar Kang Yoto menirukan jawaban warga saat bertanya kenapa pisang tersebut disuguhkan terakhir.

Padahal menurut Kang Yoto, pisang yang disebut jelek itu, mempunyai keunikan dan keunggulan dibanding pisang-pisang lainnya. “Saat dibuka, aromanya semerbak harum khas nangka, ini pisang raja nangka,” tambahnya.

Kang Yoto kemudian memberi motivasi pada warga kawasan hutan tersebut untuk semangat membudidayakan pisang jenis itu. “Dengan membantu mereka untuk memperkenalkan pisang itu ke publik, saya yakin akan jadi komoditas unggulan,” tambahnya.

Bahkan, Kang Yoto akan secara khusus memberi ruangan di rumah dinasnya untuk menanam pisang raja nangka tersebut. Sudah menjadi kebiasaan Kang Yoto saat mendapat kunjungan di rumah dinas, dirinya selalu menjelaskan dan mempromosikan aneka tanaman yang ada disitu.

Tercatat ada tanaman jambu merah dan jambu crystal, padi tahan banjir, belimbing, serta rencananya bakal ditanami pisang raja nangka khas Gondang.

Sumber : Kanal Bojonegoro

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.