BUMDes dan Forum Kaur se Kecamatan Sumberrejo Studi Tiru ke Jogja

Studi Tiru : Foto bersama sebagian Pengelola BUMDes dan Forum Kaur Studi tiru ke Desa Panggungharjo Bantul Yogyakarta (28/03)

Pewarta : Iwan Siswoyo

Yogyakarta (29/03) kimderumaju -Sebagai langkah gerak bersama dalam mengoptimalkan peran serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk membangun unit usaha, sejumlah Perangkat Desa dan pengelola BUMDes se Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro melaksanakan studi tiru ke Desa Panggungharjo Kecamatan Bantul Propinsi Yogyakarta, Kamis (29/03).
Camat Sumberrejo, Ilham mengapresiasi kegiatan studi tiru ini, karena fihaknya menginginkan peran BUMDes lebih kuat dan berdampak pada Desa.
“kegiatan ngangsu kaweruh ini penting, dan semoga dapat diimplementasikan pada BUMDes masing-masing” ujarnya memotivasi kepada pengelola BUMDes dan Perangkat Desa di wilayahnya.
Tidak hanya BUMDes, Forum Kaur Kecamatan Sumberrejo juga belajar tentang proses jalannya Pemerintahan Desa Panggungharjo.
Kegiatan yang di awali dengan diskusi dan belajar bersama dilaksanakan di Balai Kelurahan Panggungharjo. Mulai dari pengenalan profil Desa, pemanfaatan aplikasi pengelolaan keuangan berbasis online yang sudah dimanfaatkan oleh BUMDes Panggung lestari.
Serta mengunjungi tempat pengolahan sampah dan pemanfaatannya.
Riki Setyawan salah satu pengurus BUMDes Panggung lestari mengungkapkan untuk membangun BUMDes di kampung matraman (red; sebutan Desa Panggungharjo) perlu perjuangan yang cukup berat. mulai dari pemetaan potensi, langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai target dan belajar terus menerus.
“Dalam membangun BUMDes ini berat, bahkan tiga tahun pertama tidak menghasilkan” ujarnya.
Diapun menpersilahkan untuk peserta melaksanakan apa yang telah terlaksana di Desanya. “Silahkan amati, tiru, plek dan modifikasi apa yang kami lakukan” tambahnya.
Seperti di ketahui BUMDes Panggung harjo mampu memberikan bagi hasil untuk Pendapatan Asli Desa (PAD) ratusan juta rupiah. Hal ini berasal dari unit-unit usaha yang ada. Mulai jasa wisata, pengelolaan sampah, kuliner dll. (*/iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.