Kapok tanam padi genjah, petani Desa Deru tanam Ciherang lagi

padi petani Desa Deru yang terserang potong leher
padi petani Desa Deru yang terserang potong leher
padi petani Desa Deru yang terserang potong leher

kimderumaju.com Setelah melihat hasil panenan padi di musim ini Petani Desa Deru Kecamatan Sumberrejo kapok tanam padi genjah. pasalnya padi yang mereka tanam kurang maksimal dari hasilnya. selain kuantitas yang turun drastis, serangan hama seperti wereng dan potong leher menyerang. saat ini mereka kembali menanam varietas ciherang karena di anggap lebih menguntungkan.

suprapto salah satu petani yang kecewa hasil dari tanam musim kemarin mengungkapkan tidak akan tanam padi dengan umur genjah “turunnya drastis mas, sampai 50 persen dari hasil musim sebelumnya, padahal air juga cukup” gerutunya.

seperti di ketahui pada musim kemarau kemarin petani Desa Deru memanfaatkan lahan sawahnya untuk tanam padi karena air berlimpah. tapi diantara petani banyak yang menanam padi dengan umur genjah (pendek) dengan harapan mengejar waktu masa panen agar lebih cepat.

kim deru maju melihat jenis padi yang di tanam petani Di Desa Deru memang belum masuk varietas, karena masih bisa di sebut galur yang belum teruji adatif di semua kondisi baik tempat dan musim. pihak Kementerian pertanian sebenarnya sudah mengingatkan kepada semua petani untuk memilih varietas yang berlabel. karena ini lebih aman dan teruji. (kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.