KIM Punya Peranan Penting untuk Penanganan Covid-19

KIM PENTING : Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan informatika RI, Prof. Dr. Widodo Muktiyo menerangkan pentingnya informasi dalam penanganan Covid-19

Bojonegoro, kimderumaju.com – Sebagai organisasi yang tumbuh di tengah masyarakat, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjadi media informasi yang dekat dengan masyarakat. hal ini masuk ulasan dalam Webinar yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, kamis (27/08/2020)

Webinar yang diikuti oleh 185 peserta ini berasal dari 38 kabupaten dan kota yang tersebar di Provinsi Jawa Timur. Forum KIM Menjadi target webinar seiring sebaran Covid-19 di Jawa Timur yang menduduki peringkat kedua setelah Jakarta. Selain itu karena keberadaan KIM di Jawa Timur cukup masif menjadi ujung tombak informasi kepada masyarakat. ditambah lagi beberapa tahun terakhir jumlahnya pun cukup banyak.

Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengapresiasi keberadaan KIM di Indonesia, khususnya di Jawa Timur yang terus bergerak langsung kepada masyarakat.

“KIM merupakan mitra strategis bangsa, shingga keterlibatannya sangat pentingsebagai motor penggerak dalam upayapenyebarluasan gerakan Nasional memakai masker sampai ke pelosok negeri,” ujarnya.

Fihaknya mendukung keberadaan KIM di Indonesia dan akan membantu menyampaikan kepada Kepala Dinas di tingkat Provinsi untuk melanjutkan ke Daerah atau Kabupaten dan Kota untuk menguatkan keberadaan KIM sebagai mitra dalam sarana media informasi langsung kepada masyarakat.

Walaupun begitu KIM juga harus menunjukkan diri mempunyai peranan langsung kepada anggota atau masyarakat. Selain itu fihaknya juga memberi petunjuk untuk selalu koordinasi dengan Dinas terkait, khususnya Dinas Kominfo di Kabupaten atau kota masing-masing.

Webinar yang mengangkat tema tentang  “Adaptasi Kebiasaan Baru : Disiplin Pakai Masker, Tetap Produktif dan Aman Covid-19” ini juga dihadiri Prof. Dr. Widodo Muktiyo Dirjen IKD dan Dewi Nur Aisyah S.K.M, M.Sc. dari Tim Pakar Satgas Covid-19. Keduanya menghadirkan materi tentang pemahaman Covid-19 serta protokoler kesehatan yang harus dilakukan masyarakat untuk memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir. (*/wan

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.