Lakon sudamala di pagelaran wayang Desa Deru

Kimderumaju.com puncak dari grebeg Desa Deru di wujudkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Dengan lakon sudamala Pagelaran ini di penuhi warga Desa Deru dari yang muda sampai tua pada sabtu (3/9/2016).

Bertempat di perempatan Desa Deru Ki Hadi sukoco Dalang dari paguyuban Maya Gathi Laras membawakan secara urut dan apik. Di kisah di ceritakan bagaimana Sadewa putra Pandawa yang mendapatkan kanugrahan dari bethara Guru dengan Ilmu sudamala yang berarti pengobat dan pemusnah segala dosa dan keburukan. Bahkan Dewi Uma yang terkutuk menjadi Dewi Durga kembali cantik berkat di ruwat Sadewa.

Di kondisi lain Pihak Pandawa juga terancam oleh dua raksasa utusan kurawa. Yakni kalantaka dan kalanjaya. Di kisahkan anak-anak Bima yakni Gatut Kaca, antasena dll. Tak mampu oleh kekuatan dua raksasa ini. Dan di akhir cerita Sadewalah yang mampu mengalahkan dengan ajian Sudamala ini. Tak ayal dua raksasa inipun berubah wujud menjadi Dewa dan kembali ke Kahyangan.

Admin Kim Deru Maju yang mengikuti jalannya cerita sampai tuntas baru mengerti maksud dan tujuan pagelaran ini. Semoga Kepala Desa Deru Abdul Latip yang sedang sakit dapat terobati dengan kekuatan Raden Sudamala ini.Aamiin…

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.