Pemdes Deru Studi Tiru ke Jogja

Oleh : Iwan Siswoyo

Jogja (27/01) kimderumaju.com – Mengawali tahun 2019 Pemerintahan Desa (Pemdes) Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Jawa Timur bersama lembaga di lingkupnya mengadakan studi tiru ke Wilayah Jogjakarta. kegiatan berlangsung mulai sabtu sampai senin 26-29 Desember 2019 rombongan menggunakan sebuah bus pariwisata.

Langkah ini sebagai bentuk keguyuban antar lembaga di desa deru untuk melaksanakan segala rencana dalam pengembangan wisata desa. Kepala Desa Deru Mulyono mengatakan dari kegiatan ini diharapkan pemdes dapat belajar bagaimana mengolah potensi desa deru kedepan untuk wisata.

“Kami berharap Pemdes, BPD, Ketua RT, Bumdes dan beberapa lembaga yang turut serta dapat inspirasi baru, karena kami melihat ruang lingkup desa yang akan kita tuju mirip dengan desa kami” ujarnya kepada Kim Deru Maju.

kegiatan diawali dengan Out Bond di pesisir Parang tritis, Bantul Jogjakarta. walaupun cuaca gerimis, peserta sebanyak 60 orang antusiasme mengikuti kegiatan ini. dari ice breaking, joget bareng, senam otak sampai kekompakan tim dilaksanakan dengan meriah.

Setelah melaksanakan out bond peserta menuju ke Dusun Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Di sana rombongan disambut kesenian kobro siswo. dimana sejumlah anak-anak memainkan alat tabuhan dan saeorang anak yang memakai topeng harimau. selain itu diiringi anak-anak kecil memakai dandanan ala prajurit perang. setelah iring-iringan berjalan sekira satu kilo meter, rombongan disambut para perempuan dan janda tua.

setelah sampai depan balai dusun, rombongan disuguhi teh hangat yang sudah tersaji rapi sebelum menempati tempat duduk. Supriyadi Ketua Kampung dolanan mengungkapkan terimakasih atas kehadiran rombongan untuk melaksanakan studi tiru di dusunnya.

“Kampung dolanan merupakan kearifan lokal yang dilestarikan dengan sentuhan-sentuhan kerukunan” ujarnya.

Kampung dolanan yang dihuni 55 kepala keluarga ini menyajikan paket wisata ala tempo dulu. Mulai membajak sawah, tanam padi serta permainan era lama seperti egrang dan lain-lain. Selain kegiatan-kegiatan tersebut, warga juga aktif dalam membangun lingkungan sehat dengan swadaya masyarakat.

Perjalananpun berlanjur ke lava tour gunung merapi dengan naik jeep dari mengunjungi museum merapi, batu alien, rumah mbah marijan dan kembali ke kaliurang. Dan terakhir rombongan menuju kepusat jogja, yakni malioboro untuk belanja oleh-oleh untuk buah tangan pulang. (*/wan

Updated: January 29, 2019 — 2:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.