Pemkab Bojonegoro Siapkan Webdes Berbasis Data

Konsentrasi : suasana diskusi tentang aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di Gedung Pemkab Bojonegoro, Selasa (15/01)

Pewarta : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (15/01) kimderumaju – Seiring langkah positif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur untuk mewujudkan program-program yang tepat sasaran, Pemkab mengundang delapan Desa yang sudah mengaplikasikan Sistem Informasi Desa (SID) di lantai III gedung setempat. Selasa, (15/01).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bojonegoro mengundang delapan desa yang sudah mengaplikasikan SID di webdes masing-masing.

Kusnandaka Tjatur P. Kepala Dinkominfo berharap kepada Delapan Desa ini menjadi pilot projec dari ratusan Desa yang ada di Bojonegoro.

“Kita akan melaksanakan pendampingan kepada delapan desa ini dan kedepan akan dilanjutkan dengan target 77 Desa yang ada di Bojonegoro” tuturnya.

Selain berbasis data yang benar website ini dapat membantu dalam hal pelayanan oleh masyarakat. Yakni dengan cukup menulis di webdes pihak operator yakni Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) akan dapat melayani dengan cepat.

Selain perwakilan TPID dari delapan desa, hadir pula Boedy Irhadtanto dari Dewan TIK Pemkab Bojonegoro. Pihaknya optimistis terkait langkah yang dilakukan Dinkominfo.

“Hal ini akan sangat membantu data akurat yang dibutuhkan oleh semua pihak khususnya Pemkab dalam merealisasikan dalam perencanaan kedepan” ujar pria yang akrab dipanggil Mas Totok ini.

Adapun Kecamatan Sumberrejo yang saat ini sudah mengawali dalam SID berharap input data dapat dilaksanakan dengan akurat.

“Walaupun platform beda yang terpenting mudah dipergunakan oleh pihak desa maupun Masyarakat” Hal itu disampaikan Akmal Ismail Kasi Kesra Kecamatan Sumberrejo dalam diskusi. (*/wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.