Petani Desa Deru Masih Optimistis

Optimistis : Lahan pertanian Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Jawa Timur hampir 80 persen sudah tertanami padi.

Oleh Iwan Siswoyo

Deru (11/01) kimderumaju.com – Hujan turun dengan deras di wilayah Bojonegoro Jawa Timur sejak akhir tahun 2018. Walaupun tidak se konsisten harapan para petani Desa Deru Kecamatan Sumberrejo. Adakalanya tidak ada hujan berhari-hari, Terkadang hujan deras disertai angin bahkan petir. Sesekali sungai anak waduk pacal yang membelah desapun meluap.

Awal januari 2019 ini hampir 80 persen petani-petani Desa ini sudah memindahkan bibit-bibit padi dari persemaian ke lahan tanam.

Optimis? Ya mereka masih berharap hasil pertanian bisa menghidupi keluarga, baik makan, pendidikan membeli pakaian atau menutup genteng rumah yang bocor. Atau setidaknya memberi manfaat untuk bumi agar tetap ditumbuhi selain rumput.

Masalah-masalah dalam pertanian selalu ada dan rasanya mengulang tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari benih, persemaian yang diserang tikus, tanaman diserah hama, burung, keong hingga minimnya tenaga-tenaga dalam pertanian.

Belum lagi harga jual yang tidak menentu karena faktor-faktor yang tidak difahami oleh para petani yang tidak pernah keluar negeri ini.

Pupuklah harapan kami dengan kemampuan-kemampuan kalian. Entah dengan pemikiran atau diskusi-diskusi ringan yang tidak ada beban.

Setelah menanam waktu kami banyak “lodang” (luang) mungkin ada rejeki dengan karya untuk pemasukan harian, agar kami tak berpangku tangan untuk tiga bulan kedepan. (*/wan

Updated: January 11, 2019 — 8:13 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2019 Frontier Theme