Pohon Beringin Sumur Tengah dipindah ke Wisata Tjok Brosot

BERDIRI TEGAK : Pohon beringin dalam proses penanaman di Wisata Tjok Brosot oleh warga, Selasa (04/02).

Deru, kimderumaju.com – Seiring berjalannya proses pembangunan mushala Birrul Walidain di barat Balai Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro, Pohon Beringin yang berdekatan dengan sumur tengah (sumur desa ; red) dipindah ke tempat wisata “Tjok Brosot”. Selasa (04/02).
Pemindahan pohon rindang ini diinisiasi oleh BUMDes Wahana Sentosa, sebagai pengelola wisata “Tjok Brosot”. Iwan Siswoyo, Ketua BUMDes menuturkan pohon beringin ini mempunyai daya tarik bagi wisata desa yang lokasinya masih gersang.
“Eman kalau hanya dipotong tanpa dimanfaatkan lagi, kedepan bisa sebagai pohon peneduh wisata”, ujarnya.
Selain itu pohon yang tingginya sekira lima meter ini menghalangi pembangunan pondasi mushala yang sedang dibangun.

Setelah proses pembongkaran akar, pohon beringin diangkat secara gotong royong oleh warga dan dibawa ke lokasi wisata menggunakan truck. Sampai dilokasi pohon inipun langsung ditanam.

Seperti diketahui pohon beringin ini awalnya kecil, sekitar tahun 2000 an menggantikan pohon asam dan panggang (beringin) yang cukup disakralkan warga sekita. Tapi pada tahun 1995 pohon tua itu roboh diterjang angin.
Sebagai pohon pengganti, beringin inipun bermanfaat sebagai peneduh dan penyerap air hujan untuk cadangan air sumur tengah.
Dengan tempat baru, pohon ini diharapkan mampu tumbuh dan bermanfaat bagi para pengunjung wisata “Tjok Brosot” Desa Deru. (*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.