Sebulan lagi Desa Deru panen Raya, petani berharap harga gabah meningkat

"mecuti" padi petani Desa Deru sudah menampakkan malainya
"mecuti" padi petani Desa Deru sudah menampakkan malainya
“mecuti” padi petani Desa Deru sudah menampakkan malainya

kimderumaju.com Hari yang di tunggu-tunggu para petani Desa Deru kecamatan Sumberrejo Bojonegoro sudah hampir di depan mata. padi-padi di persawahan sudah mulai keluar malai. di perkirakan 30 hari lagi sudah mulai panen raya. tapi masih ada kekhawatiran di benak petani, karena harga gabah saat ini masih jauh dari harapan. di pasaran saat ini harga gabah per Kilo gramnya berkisar 3.200 sampai 3.500 rupiah. suwikno salah satu petani mengaku pasrah dengan kondisi ini, apalagi letak lahannya yang jauh membuat dia siap menerima berapapun harganya.

Iwan petani lain berharap Bulog ikut terjun langsung ke lapangan untuk membeli ke pihak petani. bila sesuai Harga pembelian Pemerintah (hpp) yang telah di tetapkan Kementerian Pertanian dengan harga 3.700 rupiah per kilo gramnya. “ya harusnya bulog membeli langsung gabah milik petani, karena kebijakannya sudah jelas. dengan harga 3.700 saja petani sebenarnya masih rugi” harapnya.

sebenarnya masih ada peluang lain untuk meningkatkan keuntungan petani, yakni dengan pasca panen atau menjual beras. tetapi masalah klasik yang selalu datang, karena untuk menutupi biaya bertanam serta untuk menutup hutang. (kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.