Tikus, sundep, potong leher serang padi, petani anggap biasa

image

Kimderumaju.com masa panen pertama sebentar lagi di mulai. Tetapi bahaya masih mengancam keberlangsungan hidup petani di Desa Deru.

Hal ini terlihat dari beberapa tanaman padi milik petani terdapat beberapa indikasi dari serangan hama. Walaupun tidak banyak, tetapi jika di lihat dengan teliti mudah saja di jumpai.
Hama tikus biasanya terlihat seperti potongan di bagian bawah batang padi, tetapi batang padi masoh segar. Untuk sundep, malai padi cenderung kering tidak berisi, dan bila di cabut di dalam batangnya ada ulat dan beberapa telur. Beda lagi dengan potong leher, malai padi mengering, tetapi bulir padi sudah mulai berisi dengan di barengi kering di bagian pangkal leher malai padi. Untuk batang sendiri masih hijau dan kuat.
Yahmin salah satu petani mengangap hal yang biasa ketika itu terjadi di lahan pertaniannya. “Kalau di banding masa tanam sebelumnya biasa, dan wajar kalau ada” tutur bapak satu anak ini.
Banyak hal yang mempengaruhi terjadinya hama yang muncul saat ini, bisa jadi kurangnya penyemprotan fungisida dan insektisida atau bahkan para petani yang cenderung menanam padi dengan varietas yang sama dengan musim sebelumnya.
Dengan terjadinya serangan hama ini, hampir bisa dipastikan petani merugi karena tidak sesuai target. Di tambah lagi harga gabah kering panen (gkp) menurun sejak pekan terakhir. (Kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.