40 persen lahan petani Desa Deru terkatung-katung

salah satu lahan yang baru di tanami padi
salah satu lahan yang baru di tanami padi
salah satu lahan yang baru di tanami padi

kimderumaju.com Dulu Bulan januari menjadi pertanda musim hujan datang, bahkan ada yang menyebutkan Januari singkatan Hujan sehari-hari. tapi untuk tahun 2016 ini hujan masih belum menentu datangnya. tercatat hujan Deras terjadi sekali hingga mengakibatkan banjir bandang Di Desa Deru. tapi sayang setelah itu hujan tidak turun dan debit air cenderung turun. hal ini membuat nasib petani terkatung-katung pasalnya mereka tidak bisa tanam.

Bagi petani yang mempunyai lahan yang ada di sebelah selatan dan barat Desa masih bisa bernafas lega karena masih bisa menggunakan sisa air yang ada di sungai untuk mengaliri sawah mereka. tapi nasib apes di rasakan petani yang mempunyai lahan di timur dan Utara Desa Deru. karena debit air cenderung menurun bahkan kering. hal ini mengakibatkan persemaian padi mengering.

seperti di ketahui menurut Badan Meteorologi klimatologi Geofisika (BMKG) melaui website resminya Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia salah satunya karena El Nino dan La Nina. dan di prediksi sampai bulan Januari masih belum menentu. jadi para petani di harapkan selalu waspada dengan kondisi ini (kdm/ee1)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.