cuaca tidak menentu Petani Desa Deru “Galau”

Persemaian Padi
Persemaian Padi
Persemaian Padi

kimderumaju.com kondisi cuaca di Wilayah Jawa Timur masih sulit di prediksi. hal itu terbukti beberapa minggu lalu sudah terjadi hujan yang cukup deras. petani Di Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro cukup senang dengan kondisi tersebut. hingga mereka beranikan membuat persemaian. tapi sayang sudah tiga hari terakhir langit hanya mendung saja tanpa di iringi hujan. tak ayal kondisi ini membuat petani “Galau” karena persemaian yang mereka tebar benih sudah berumur lebih dari 20 hari.

dari pantauan Kim deru maju kemarin (20/12/2015) kondisi sawah masih kering, bahkan sepeda motorpun masih bisa di gunakan untuk melewati petakan sawah. persemaian yang sudah mulai tinggi inipun belum tersentuh pupuk atau pestisida sama sekali. wiknyo salah satu petani mengatakan biasanya dengan umur 20 hari setelah sebar sudah mulai memberi pupuk “tidak berani memberi pupuk karena tidak ada air. kalau di paksakan bisa mati bibitnya” ungkapnya.

kondisi ini membuat petani harus pasrah menerima sambil menunggu air hujan turun. setelah itu baru di bajak dengan traktor dan nantinya baru di tanam. sembari menunggu mereka gunakan untuk membersihkan pematang sawah dari rumput-rumput yang tumbuh. (kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.