Berikut Sistem PPDB Untuk Jenjang SD di Bojonegoro

Pewarta : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (09/05) kimderumaju-Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020 Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro telah mempersiapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dalam dialog interaktif di radio Malowopati, Kamis (09/03), Kepala Bidang SD, Chumaidi menuturkan terdapat 14.505 peserta yang akan masuk ke jenjang SD. Dari data yang ada terdapat 720 SDN yang siap menampung di Bojonegoro.

“Sistem sudah kami siapkan dan sosialisasikan ke pihak sekolah” ujarnya.

Diapun menambahkan tidak hanya sistem, pihak dinaspun akan melakukan pendampingan hingga terlaksana dengan sesuai peraturan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 51, yang mengatur petunjuk teknis PPDB.

Salah satu hal yang perlu diketahui dalam penerimaan peserta didik ada empat peringkat penilaian. Di antaranya terkait usia tujuh sampai 12 tahun, kedekatan lokasi rumah dan sekolah.

Chumaidi menambahkan untuk pelaksanaan PPDB, pihak sekolah tidak diperbolehkan menggunakan sistem ujian Baca Tulis dan Hitung (Calistung). Karena Taman Kanak (TK) masih dalam taraf bermain.

Orang tua wali murid cukup membawa Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran dan surat keterangan domisili dari Desa atau Kelurahan.

Pengawas SD Dinas Pendidikan Bojonegoro, Munti’ah menuturkan untuk setiap sekolah sudah diatur baik daya tampung dan kebutuhan guru.

“Setiap rombongan belajar atau kelas terdapat 20 sampai 28 siswa, hal ini untuk efektifitas belajar mengajar” ucapnya.

Selain itu hadir pula Kasi Kurikulum, Bambang Agus Riyanto. Dalam dialog dia menjelaskan terkait regulasi dan pelaksanaan PPDB. Bahwa pelaksanaan pendaftaran PPDB mulai 1 sampai 6 Juli 2019.

“Pelaksanaan PPDB tidak dipungut biaya, semua telah di cover oleh dana BOS” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.