Bojonegoro Jadi Mercusuar HKIN 2019

MERCUSUAR : Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Gede Narayana ketika memberi sambutan dalam HKIN 2019

Pewarta : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (20/06) kimderumaju – Dalam giat Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) 2019 yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia di ruang Angling Dharma, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur diharapkan menjadi mercusuar bagi seluruh Desa di Indonesia.

Ketua KIP RI, Gede Narayana mengatakan dengan konsep Transparansi, Pemerintahan Desa dan Daerah sama-sama sinergi membuka diri baik dari anggaran dan perencanaan. Selain itu keikutsertaan masyarakat dan lembaga di desa dengan langkah Partnership menjadi hal yang akan sama-sama menguatkan. Selain hal tersebut Akuntabilas juga menjadi langkah untuk pertanggungjawaban dari Pelaksana kepada Masyarakat.

“Semoga Bojonegoro menjadi mercusuar keterbukaan bagi desa-desa seluruh Indonesia, karena jumlah desa-desa di luar juga cukup banyak” tambahnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menuturkan dari kegiatan ini memotivasi Bojonegoro untuk mengembangkannya ke desa-desa lain di wilayahanya. Cuma sampai saat ini masih terkendali jaringan internet.

“Kami sudah sampaikan ke Dinas Kominfo dan Dewan TIK agar segera menambah desa-desa selain pejambon. Targetnya 100 desa tetapi masih ada beberapa desa yang blankspot” ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jendral Kementerian Kominfo RI, Rosalita Niken Widiastuti. Dalam sambutannya dia mengingatkan pentingnya Sistem Informasi Desa (SID) yang dapat dimanfaatkan desa untuk menjadi ruang atau media keterbukaan kepada masyarakat.

Selain itu kegiatan yang dipusatkan di Pemkab Bojonegoro ini juga dihadiri seluruh Kepala Dinas Kominfo dari Kabupaten dan Kota se Indonesia, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bojonegoro serta perwakilan beberapa Kepala Desa. (*/wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.