Dibalik Nama Lapangan Bola Voli “Ki Cok Brosot”

Kapolres Bojonegoro setelah menandangani prasasti Lapangan Bola Voli “Ki Cok Brosot” Desa Deru, Kecamatan Sumberreji Bojonegoro Jawa timur (22/04/2018)

Oleh : Iwan Siswoyo

Deru (24/04) kimderumaju – Setelah beredar tulisan tentang peresmian lapangan bola voli oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli kemarin (22/04/2018), banyak timbul pertanyaan dari kalangan masyarakat dan netizen (pengguna medsos) tentang nama lapangan bola voli yang ada di Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro Jawa timur ini.

Dalam momen sambutan Kepala Desa Deru, Mulyono menyampaikan, menurut literatur yang dia dapatkan serta cerita dari para sesepuh tentang asal muasal desa deru, maka ditemukan sebuah cerita yang berkembang bahwa sosok yang berperan dalam “babat” tanah desa deru adalah Ki Cok Brosot.

Seorang punggawa kerajaan Majapahit yang ditugaskan oleh raja untuk menangkap kerbau kerajaan yang lepas. Kerbau yang dianggap sakral ini terlepas dan berlari kearah hutan belantara.

Dalam mengemban tugas Ki Cok Brosot didampingi sembilan orang murid dan pembantunya. Dari perjalanan ini Ki Cok Brosot sempat bersinggah diwilayah Prayungan, Bogangin, sendang ijo. Dan dari desa-desa itu juga punya cerita tersendiri.

Hingga akhirnya kerbau yang dicari-cari oleh Ki Cok Brosot ditemukan ditanah yang saat ini ada di Desa Deru. Dimana kerbau ini sedang “jerum atau deru” (tidur-tiduran). Maka Ki Cok Brosotpun dengan mudah menangkap kerbau tersebut dan menamakan tanah tersebut “Deru”.

Cerita ini dimaknai bahwa kehidupan masyarakat didesa deru hidupnya nyaman dan tenteram. Karena semua sudah tersedia dengan sumber daya alam yang cukup.

Dengan sedikit cerita ini, diharapkan menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat kususnya warga desa deru untuk mengenang jasa para sesepuh dan “pepunden” yang telah membuat desa ini lahir dan bergerak untuk kebermanfaatan kepada warganya. (*/wan

Updated: April 24, 2018 — 12:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kim Deru Maju © 2018 Frontier Theme