Disbudpar Bojonegoro Apresiasi Kirab Keris Pusaka Desa Deru

APRESIASI : Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Budaya, Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Eko Subiyono menerima keris pusaka Desa dari Pelestari Budaya Desa Deru.

Deru, kimderumaju.com – Pagelaran Kirab Pusaka Pasopati Naga Deru yang dilaksnakan di “Pring Watu” Desa Deru Kecamatan Sumberrejo mendapat apresiasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro yang turut hadir di lokasi pelaksanaan jamasan dan kirab.

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Budaya, Disbudpar Kabupaten Bojonegoro, Eko Subiyono menuturkan pelestarian budaya ini penting untuk dilakukan agar mengetahui jati diri sebuah bangsa. fihaknya mengucapkan terimakasih atas antusiasme dari warga Deru yang mendukung kegiatan ini, selain itu kepada pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Sumberrejo yang menginisiasi kirab pusaka ini.

“Sebenarnya tahun ini Disbudpar sudah agendakan festival keris nusantara di Bojonegoro, tapi karena covid-19, semua harus dipending. tapi Alhamdulillah di Desa Deru dapat terlaksana dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutan mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Eko menerima keris dari sesepuh dan pelestari Budaya Desa Deru untuk diserahterimakan kepada penjamas keris Gampang Prawoto. selanjutnya kegiatan dilaksanakan diskusi tentang tosan aji mulai dari sejarah sampai lebih dalam tentang bagaimana perkembangan keris dari masa ke masa.

Hadir pula dalam kegiatan ini Forkopimcam Sumberrejo meliputi Sekcam Sumberrejo, Kapolsek Sumberrejo dan Danramil Sumberrejo/ 0813. Kepala Desa Deru beserta perangkat dan masyarakat yang sedari pagi membawa pusaka keluarga untuk dijamas.

Sementara itu Ketua Panitia sekaligus Ketua Harian Kwarran Pramuka Sumberrejo Ma’sum menuturkan kagiatan ini mempunyai maksud melestarikan budaya yang dimiliki warga Desa Deru. selain itu dirinya mengingatkan seperti yang tertuang dalam banner kegitan “Lamun landhep aja nyatoni, lamon pinter aja ngguroni.” pesannya. (*/wan

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.