Eksotisnya Waduk pacal yang belum maksimal

waduk pacal2
Waduk Pacal

kimderumaju. Bojonegoro mempunyai banyak potensi wisata, salah satunya adalah Waduk pacal. walaupun belum tersentuh dengan maksmal, pemandangan indah ini bisa di jumpai di Wilayah KPH Tretes. berjarak 34 Km ke arah selatan dari Kota Bojonegoro. menjadi salah satu tempat  yang wajib di kunjungi bila ke Kota ledre ini.

Waduk pacal sendiri sampai saat ini menjadi tempat untuk persediaan air untuk para petani yang ada di Bojonegoro kususnya petani wilayah selatan, barat dan timur, termasuk Desa Deru Kecamatan Sumberrejo. walaupun persediaan air tidak mencukupi untuk musim kemarau, waduk ini masih terlihat cantik untuk obyek wisata.

waduk yang di buat di era penjajahan Belanda ini di bangun pada tahun 1933. hal itu terlihat dari nomor yang tertera di bangunan yang berdiri di tengah waduk. selain itu masih terlihat kokohnya susunan bebatuan yang ada di sekitar waduk. ada pula fasilitas-fasilitas yang tersedia misal tempat parkir kendaraan, taman, mushola, toilet dan kantin.

tepat di pinggiran waduk terdapat berjajar sampan-sampan kecil Masyarakat sekitar untuk bekerja. dari mencari ikan sampai kayu yang ada di sekitar waduk. dan di atas bukit sebelah timur terdapat bekas bumi perkemahan, sayang sudah tidak di gunakan kembali. hal ini terlihat rimbunnya semak belukar dan hilangnya penanda yang dulu pernah ada.

selain itu juga terdapat bangunan berundak dengan beberapa tonggak sebelah sisi sebagai tempat sandar sampan. tetapi untuk musim kemarau seperti ini tidak bisa di gunakan karena jarak air dan bangunan terlalu jauh. dan masyarakat memilih tempat sendiri di ujung sebelah selatan.

pemandangan yang lazim di sebuah tempat wisata banyak juga di salah gunakan oleh pemuda-pemudi yang sedang di landa asmara. terbukti waduk pacal sendiri menjadi tempat pilihan untuk bermadu kasih. dan tak jarang di jumpai mereka saling duduk berdekatan bahkan merangkul tanpa menghiraukan pengunjung lainnya.

kurang lengkap bila berkunjung ke waduk ini tidak berkunjung ke wisata kuliner. Bu Sum Semok yang terkenal dengan menu kuliner khas waduk pacal berada 5 km kearah selatan Jurusan nganjuk. dengan sambal khasnya dan keramahan penjualnya patut di coba.

dengan segudang potensi alam yang ada di Waduk pacal ini banyak  masyarakat berandai-andai untuk di jadikan destinasi wisata. salah satunya rianty ” sebenarnya bagus cuma belum maksimal. coba kalau bisa di buat seperti tempat lain, pasti luar biasa”. kalau melihat daerah lain bisa menjadi acuan yaitu wilayah sarangan atau mungkin waduk selorejo Malang. dengan adanya tempat wisata berfasilitas yang baik tentunya akan menarik para Wisatawan dari luar Daerah Bojonegoro dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian di Wilayah waduk Pacal. (kang Iwan)

Foto0419

Foto0445

waduk pacal4mbaksum

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.