Gus Menteri : Wisata Desa Titik Tolak Kebangkitan Perekonomian

Pejambon, kimderumaju.com – Munculnya Covid-19 yang menerpa di semua lini kehidupan dan berbagai macam dampaknya menjadi problem yang saling terkait. Salah satu hal yang tepat untuk “titik tolak” kebangkitan adalah keberadaan wisata di desa-desa. Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar di sela-sela kunjungannya di Desa Pejambon Kec. Sumberrejo Bojonegoro, Jawa Timur, Jum’at (25/09/2020).
Gus Menteri,sapaan akrab Menteri Halim menuturkan, dengan keberadaan wisata di desa-desa mempunyai dampak yang baik khususnya perekonomian masyarakat. Desa Pejambon dengan terobosan membuat wisata edukasi pertanian sangat positif.
“Wisata Reborn bukan dari wisata-wisata besar tetapi dari wisata desa seperti ini.” Ujarnya.
Setelah menandatangani prasasti, Gus Menteri didampingi istri dan Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah serta Kepala Dinas PMD Jawa Timur memotong rangkaian melati sebagai tanda dibukanya Museum Wisata “Raden Wijaya” yang berisikan berbagai macam alat pertanian tempo dulu. Mulai dari rumah berarsitek jawa yang menyajikan berbagai macam pernak-pernik bercocok tanam, luku, garu, cangkul, ani-ani sampai penyimpanan gabah.

Gus Menteri didampingi istri dan Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah bersama Suami ketika ber swa foto di lokasi wisata tengah sawah, Desa Pejambon, Jum’at (25/09/2020).

Kunjungan dilanjutkan ke wisata sawah yang ada di ujung sebelah barat museum. Disini rombongan berswa foto di atas hamparan persawahan yang ditanami kedelai. Tempat wisata yang dikelola BUMDesa Sarana Mandiri ini juga menyediakan sarana menarik lainnya, seperti Flying fox, Kolam renang dan sarana pertokoan warga.
Seperti diketahui capaian Desa Pejambon ini tidak lepas dari hasil Lomba Desa Tranformatif pada Tahun 2018 dan berhasil menjadi Juara Nasional kategori Pelayanan Publik. sehingga Pejambon mendapatkan apresiasi berupa dana pembangunan ekonomi desa dari Kementerian D PDTT Pusat melalui program PIID PEL. (*/wan

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.