Hoax dan Citizen Journalism Jadi Tema Sarasehan KIM

Suasana sarasehan KIM dipekan KIM IX Jatim 2017
Suasana sarasehan KIM dipekan KIM IX Jatim 2017

Pewarta : Iwan SIswoyo

Pasuruan (13/09) kimderumaju – Informasi Hoax dan Citizen Journalism menjadi tema wajib sarasehan di Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) IX Jatim 2017. Bertempat di Pendopo Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur menghadirkan Narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur dan Pengasuh Rubrik Jurnalisme Warga di Harian Surya.

Eko Setiawan, Pihak panitia dari Diskominfo mengatakan dari kegiatan sarasehan ini diharapkan menjadi bekal untuk peserta Pekan KIM IX Jatim. “hal ini untuk merevitalisasi peran KIM sebagai media jurnalisme Warga menuju Masyarakat Informatif” ujarnya.

Hadir sebagai Narasumber Sekretaris Umum (Sekum) MUI Jatim Ainul Yaqin, Dalam materinya mengungkapkan peranan KIM sebagai media alternatif diluar Media konvensional. “ Penyebaran hoax begitu cepat, peranan KIM menjadi sangat diharapkan untuk memberi edukasi kepada Masyarakat” tambahnya.

Pihak MUI sampai saat ini cukup kuat untuk mendorong penyebaran dalam menangkal ujaran kebencian. Mulai dari membuat fatwa sampai masuk kesemua hal dan membagikan materi-materi.

Materi cukup menarik juga disampaikan oleh Tri Hatmaningsing, pengasuh Rubrik jurnalisme Warga dari Harian Surya Online. Tulisan Masyarakat juga sangat menarik dan tak kalah bila dibandingkan tulisan dari Wartawan profesional. “Banyak tulisan dari Warga yang inspiratif, latar belakang merekapun macam-macam”

Tri juga menambahkan bagaimana peranan KIM begitu penting untuk Masyarakat. “Berita itu harus jujur dan menulis tentang kebenaran. Untuk semuaitu bahasa yang disajikan juga harus menarik dan selalu ditunggu” tambahnya.

Rasidin salah satu peserta sarasehan mengungkapkan semangatnya dalam materi yang dihadirkan pihak panitia. Dimana dia bisa belajar dalam menguatkan penulisan untuk KIM yang dia kelola. “ini begitu penting sebagai bekal kami dalam menulis berita” ujarnya. (*/wan).

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.