Kenang Jatuhnya Helikopter, Danpuspenerbal Resmikan Monumen Memorial di Desa Deru

Danpuspenerbal, Laksma TNI Edwin berjabat tangan dengan H. Sutiyo pemilik lahan Monumen Memorial didampingi Kela Desa dan Camat Sumberrejo, Selasa (30/03/2021)

Bojonegoro, Untuk mengenang jasa para penumpang helikopter BO-105 NV-406 yang jatuh di Desa Deru Kec. Sumberrejo Kab. Bojonegoro, Jawa Timur pada tahun 2000 silam, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksamana Pertama TNI Edwin meresmikan Monumen Memorial Selasa (30/03/2021).

Tugu Memorial yang berdiri di tengah persawahan ini menjadi pengingat telah gugur TNI beserta keluarga setelah menjalankan tugas. Mereka dalam perjalanan Jakarta, Semarang dan Surabaya. Tapi naas sesampai di atas Desa Deru terjadi kerusakan dan jatuh di persawahan.

Danpuspenerbal, Laksma TNI Edwin menuturkan dengan Monumen Memorial ini agar dapat dikenang bagaimana perjuangan prajurit melaksanakan tugas negara.

“Kita kenang jasa mereka dan kita lanjutkan tugas negara, dan yang terpenting menjadi orang bermanfaat,” ujarnya.

Beliau juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Masyarakat Desa Deru yang waktu kejadian turut membantu evakuasi.

“Terutama kepada Bapak H. Sutiyo yang ikhlas memberikan tanah beliau untuk mendirikan monumen memorial ini kami ucapkan banyak terimakasih,” Tambahnya.

Setelah dilakukan upacara peresmian di lokasi kejadian jatuhnya helikopter, rombongan melaksanakan ramah tamah dengan seluruh tamu undangan di Balai Desa setempat.

Hadir dalam kegiatan peresmian dan anjang sana ke Kabupaten Bojonegoro Yayan Rahman, Asisten Administrasi Umum Sekda Mewakili Bupati Bojonegoro, Kasdam mewakili Dandim 0813, Kapolres Bojonegoro serta Forkopimda Bojonegoro dan Forkopimcam Sumberrejo.

Setelah ramah tamah, kegiatan dilanjutkan penyerahan kenangan-kenangan dari Danpuspenerbal kepada H. Sutiyo pemilik tanah yang didirikan Tugu Memorial, serta kenangan kepada Kepala Desa Deru. Selain itu saling tukar cinderamata antara Danpuspenerbal dan Pemkab Bojonegoro.

Seperti diketahui pada hari jum’at, 21 agustus 2000 rombongan helikopter  BO-105 NV-406 berangkat dari semarang menuju ke surabaya. Sejumlah  5 personil “Crash landing”. Selain memberikan tanda penghormatan dengan monumen memorial, para prajurit yang gugur dianugerahi kenikan pangkat satu tingkat.

Berikut ini penumpang korban jatuhnya helikopter  BO-105 NV-406 :

  1. Lettu Laut Anumerta Daniel Ferry S.
  2. Lettu laut Anumerta Asep bambang N.
  3. Sertu Anumerta Priyanto
  4. Sertu Anumerta Dwi Puryanto
  5. Ika K.

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.