KPM Harapan Baru Petani Bojonegoro

KPM : Bupati Bojoengoro, Anna Mu’awanah menyerahkan Kartu Petani Mandiri (KPM).

Oleh : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (27/07) kimderumaju.com – Dari waktu ke waktu keberuntungan belum berpihak ke petani. Baik nasional ataupun lokal Bojonegoro, kondisinya selalu tidak sesuai harapan para petani. Mulai dari benih, pupuk, obat-obatan, air bahkan sampai hasil panenpun selalu merugikan petani.

Kondisi ini diperparah lagi bila luasan lahan petani di bawah dua hektar, akan cukup sulit meningkatkan perekonomian mereka tanpa ada penghasilan lain.

Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah melaunching program Kartu Petani Mandiri (KPM). Sebuah kartu yang multifungsi ini telah diberikan kepada ribuan petani di wilayah kecamatan Temayang.

KPM sendiri merupakan salah satu program Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah serta Budi Irawanto, Wabup Bojonegoro periode 2018/2023.

Manfaat KPM bagi para petani antara lain dapat Memberikan akses bagi rumah tangga/keluarga petani untuk mendapatkan bantuan modal yang berwujud barang dengan nilai maksimal Rp. 10.000.000, selain itu sebagai akses prioritas pelatihan dan pengembangan usaha tani.

kartu yang baru berlaku bulan Juli ini juga sebagai Jaminan pembelian hasil pertanian. dimana Pemkab akan bekerjasama dengan BumDesa dan BUM Daerah.

Kelebihan lainnya sebagai asuransi gagal panen dan peternakan, serta sebagai akses untuk meperoleh beasiswa bagi keluarga pemegang KPM.

untuk cara mendapatkan KPM, petani harus tergabung dalam kelompok tani, Memiliki lahan kurang dari 2 Ha, serta menyiapkan Fotokopi Kartu Keluarga, KTP atau surat keterangan Kependudukan dan Catatan Sipil.

selain hal tersebut petani harus punya Fotokopi Sertifikat Kepemilikan tanah atau Surat Keterangan yang dikeluarkan Kepala Desa/Lurah setempat disertai bukti fotokopi SPPT PBB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.