Memanfaatkan IT di JKF, Stand Kominfo Bojonegoro Banyak Kunjungan

TERTARIK : Bupati Merauke, Frederikus Gebze mendapatkan keterangan tentang implementasi keterbukaan di Kabupaten Bojonegoro

Pewarta : Iwan Siswoyo

Magetan (02/10) kimderumaju-Menyandang Kabupaten di Jawa timur yang telah mengimplementasikan keterbukaan di Pemerintahan Desa, Stand Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro menarik perhatian para pengunjung dan peserta pameran di Jatim Kominfo Festival (JKF) 2019 di Kabupaten Magetan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Olah Raga (GOR) Ki Mageti ini dimanfaatkan banyak pengunjung untuk menanyakan sistem dan konsep keterbukaan di Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya Syamsul dari Kabupaten Jember penasaran apa yang telah terlaksana di Kabupaten Bojonegoro.

“Saya tertarik melihat stand Dinas Kominfo Bojonegoro, setelah tadi mengikuti seminar di Madiun. dan ternyata betul” ujarnya.

Seperti diketahui stand Dinas Kominfo Bojonegoro menghadirkan salah satu alat Live Streaming yang digunakan dalam momentum “Sambang Desa” di beberapa Desa di Bojonegoro yang dihadiri Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu’awanah dan Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto. kegiatan ini banyak dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan aspirasinya baik kritik dan saran kepada Pemkab Bojonegoro.

Bahkan beberapa Kabupaten lain seperti Malang, Mojokerto dan Nganjuk tertarik melakukan hal yang sama. yakni dengan memanfaatkan media elektronik, dalam hal ini Youtube sebagai media komunikasi langsung dan cepat.

Stand Dinkominfo juga menghadirkan para pelaku Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang selama ini turut serta membantu dalam komunikasi baik informasi yang bersifat “Top down atau bottom up”. sebagai mitra yang ada di lingkup desa yang mereka kelola untuk menyampaikan langsung dengan memanfaatkan blog dan media sosial.

Kabupaten Bojonegoro saat ini juga sedang melakukan aktivasi kepada desa-desa yang berkomitmen untuk mengimplementasikan keterbukaan dengan mengaktifkan website desa dengan platform Sistem Informasi Desa (SID). dimana inputing data akan sangat membantu bagi Pemdes dan Pemkab. selain itu juga penguatan layanan surat menyurat dapat dihadirkan dengan cepat dan mudah. (*/wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.