Pengurus Forum KIM Jawa Timur Gelar Virtual Meeting

AKRAB : Suasana virtual meeting oleh pengurus KIM Jatim, Sabtu (16/08/2020).
AKRAB : Suasana virtual meeting oleh pengurus KIM Jatim, Sabtu (16/08/2020).

Bojonegoro, kimderumaju – Setelah sekian lama tidak bertemu, Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jatim dapat melepas kangen dengan saling komunikasi melalui virtual meeting, sabtu (15/08/2020).

Kegitan yang diinisiasi Pengurus FKIM Jatim ini disambut positif oleh peserta yang berasal dari berbagai Kabupaten/kota di Jawa Timur. Mulai dari Madiun, Pacitan, Blitar, Bojonegoro, Situbondo dan Surabaya sangat antusiasme. Hadir pula mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jawa Timur, Eddy Susanto yang turut serta dalam diskusi santai ini.

Cak Boni, sebagai Host dari virtual meeting ini menuturkan KIM Jatim masih menjadi acuan untuk skala Nasional. Itu dibuktikan ketika hadir dalam undangan dari pegiat KIM di Jawa Barat, yang menganggap KIM Jatim adalah “saudara tua” dalam berkegiatan dan masih konsisten sampai saat ini.

“Dengan pertemuan online malam ini kami juga ingin melihat ada kabar apa dari tiap daerah teman-teman,” ujar Boni.

Setelah kegiatan Festival Jatim di Kabupaten Magetan pada 2019 lalu perkembangan KIM di Kota dan Kabupaten di Jawa Timur bermacam-macam. Ada yang menurun tetapi ada yang meningkat tajam. Seperti halnya KIM di Kabupaten Situbondo.

Qiqi, Ketua KIM LONTAR menuturkan saat ini kegiatan KIM di Desanya tetap berkelanjutan bahkan menginisiasi Desa-desa di Situbondo untuk mendirikan KIM, “Alhamdulillah dengan konsep Ond Day One Info kami terus berbagi informasi,” ujarnya.

Sementara itu Cak  Ro’is, Ketua Forum KIM Jatim menuturkan dampak Covid-19 memang cukup berpengaruh dalam kehidupan seharri-hari bahkan berdampak akan vakumnya Forum KIM Jatim.

“Saya bersyukur malam ini kita bisa berkumpul ditengah situasi pandemi, karena selepas dari Magetan banyak sekali rencana yang belum terlaksana,”ucapnya.

Kehadiran Bapak Eddy Susanto, Direktur Ekslusif Asosiasi Kominfo se Indonesia serta mantan Kepala Dinas Kominfo Jatim membawa angin segar bagi pegiat KIM di Jawa Timur. Pria yang pernah memotivasi pegiat KIM pada 2017 lalu dengan branding “Indonesia Banget” ini masih memberikan perhatian khusus bagi pegiat KIM di Jawa Timur.

“ Saya meminta khusus untuk dimasukkan dalam Forum KIM Jatim sebagai pemerhati KIM, dan kedepan siap membantu akses dari pusat untuk KIM, khususnya pemanfaatan tekhnologi harus tetap menggunakan produk dalam negeri,” ucapnya.

Seperti diketahui KIM sebelumnya adalah “pengejawantahan” dari  Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa (Kelompencapir). Dan berubah nama dan bentuk lewat inovasi. sejak 2014 KIM mulai memanfaatkan Informasi Tekhnologi (IT) untuk memberikan informasi kepada masyarakat serta publikasi baik itu konsep “Top down atau Bottom up” atau informasi dari Pemerintah kepada Masyarakat serta sebaliknya.

Sampai saat ini keberadaan KIM sangat penting. Baik itu dari mengangkat potensi sebuah daerah atau sekadar informasi-informasi terkait imbauan dari Pemerintah. Tapi sayang dalam perjalanan waktu KIM harus tertatih-tatih khususnya menghidupi organisasi. dan butuh perhatian besar dari Pemerintah. walaupun begitu banyak yang masih exis dan mandiri dalam menghidupi geraknya. (*/wan

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

2 Comments

  1. Tetap semangat dan berjuang untuk menyampaikan informasi yang Positif dan Up to Date sobat2ku para pegiat KIM Jatim, salam Informasi……

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.