Peserta HKIN 2019 Nikmati Wisata Kayangan Api


POHON CINTA : Para pengunjung foto dengan latar belakang pohon cinta.

Pewarta : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (21/06) kimderumaju – Setelah mengikuti kegiatan Launching dan Diskusi tentang Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) 2019 di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur, sejumlah peserta HKIN 2019 mengunjungi wisata kayangan api di desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Bojonegoro, Rabu (20/06).

Rombongan diterima langsung Juru kunci kayangan api, Mbah juri. Pria yang sehari-hari dapat ditemui di lokasi ini menuturkan tentang sejarah bagaimana terjadinya api abadi ini. Dimana Empu supo membuat keris dengan memanfaatkan api abadi di tengah hutan ini.

“Di sinilah empu supo menempa keris yang dibuat, selain itu beliau juga laku semedi di bawah pohon yang saat ini dipagari itu” terangnya sambil menunjukkan lokasi pohon.

Selain mengabadikan wisata dengan foto bersama, para pengunjung juga menikmati langsung hangatnya api, serta melihat langsung air “blukutuk” dan pohon cinta.

Bahkan Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Republik Indonesia, Gede Narayana mencoba langsung melintasi bebatuan kayangan api dan diikuti beberapa peserta lain.

“Ketika melintasi bebatuan yang keluar api, terasa hangat saja” tuturnya.

HANGAT: Ketua Komisi Informasi Pusat RI, Gede Narayana ketika melintasi Kayangan Api.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kusnandaka Tjatur P. menuturkan wisata ke kayangan api merupakan salah satu destinasi wisata Bojonegoro yang layak untuk dinikmati. Dan sebagai bentuk pelayanan kepada para tamu yang hadir di Bojonegoro.

“Bapak ibu bisa kabarkan ke semua teman, bahwa di Bojonegoro ada wisata kayangan api yang tak kunjung padam” ucapnya di sela-sela menemani para tamu.

Sebelumnya Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah berharap para tamu HKIN 2019 tidak lekas pulang, karena banyak sekali potensi di Bojonegoro baik itu Wisata alam, dan aneka kuliner yang ada di Bojonegoro. Dan semua itu masuk dalam jargon “Pinarak Bojonegoro”, yang berarti mempersilahkan untuk mampir dan menikmati Bojonegoro. (*wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.