Petani padi Bojonegoro kekurangan air

parit di Desa Deru Mengering
parit di Desa Deru Mengering
parit di Desa Deru Mengering

kimderuamaju.com kondisi ini terlihat di Desa Deru Kecamatan Suamberrejo Kabupaten Bojonegoro. saat ini (12-01-2015) terlihat beberapa petak sawah sudah mula mengering. sepert di ketahui padi yang mereka tanam baru berumur 7 sampai 21 hari. dimana fase vegetatif yang sangat membutuhkan air. sudah 5 hari terakhir parit yang ada di persawahan Desa ini tidak ada airnya, tak ayal sawahpun mulai mengering.

anak sungai waduk pacal di Desa Pengantin kering kerontang
anak sungai waduk pacal di Desa Pengantin kering kerontang

munir salah satu petani sangat khawatir kondisi ini. karena padi yang dia tanam sudah saatnya di pupuk. apabila tidak ada air tidak mungkin bisa maksimal pertumbuhan padi ciherangnya. ” ya khawatir kalau kering gini, pertumbuhannya akan terganggu dan hamapun mudah menyebar” keluhnya.

persawahan di Desa Deru sendiri menggantungkan air dari Waduk Pacal. pihak Himpunan petani pemakai air (HIPPA) sendiri tidak bisa berbuat banyak, karena air di sungai turut Desa pengantin yakni anak sungai dari waduk pacalpun mengering. di tambah lagi hujanpun dalam hari-hari terakhir tidak turun.

lahan persawahan mulai retak
lahan persawahan mulai retak

petani kini hanya bisa pasrah dan menunggu air dari waduk pacal untuk segera di buka. lewat KIM Deru maju Yahmin salah satu petani berharap pihak Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas yang bersangkutan untuk segera membantu, demi berlangsungnya pertanian di Bojonegoro Wilayah timur ni. (KDM)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.