Setelah di serang keong, petani Desa Deru di hampiri sundep

Kimderumaju.com di musim ketiga kali ini hampir sepertiga lahan di Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro di tanami padi. Setelah beberapa waktu lalu tanaman padi mereka di serang keong, kini Petani harus berusaha untuk lepas dari serangan hama sundep.

Suprat salah satu petani kaget bukan kepalang, ketika menjumpai padinya yang sudah berumur 25 hari setelah tanam (hst) daunnya menggulung dan merah. “Sebelumnya bagus, hijau dan segar. Sekarang kok kena sundep” keluhnya. Untuk mengatasi itu dia harus mengeluarkan banyak biaya untuk beli obat-obatan jenis insektisida.

Lain lagi yahmin selain keong dia mengeluhkan rumput yang tumbuh subur di lahannya. Dia menganalisa karena terlambatnya air datang. “sekitar 15 hari tidak ada air, ini yang menyebabkan rumput tumbuh. Dan baru datang kemarin itupun harus gantian dengan petani lain” ucapnya pada kim deru maju.

Pertengahan Tahun 2016 memang cuaca tidak menentu. Bahkan hujan masih sering di jumpai di Kabupaten Bojonegoro. Inilah yang membuat petani di Desa Deru berinisiatif menanam padi. Dengan kondisi saat ini petani berharap Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Bojonegoro melihat langsung dan memberi solusi.(kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.