Si jago merah lalap rumah warga Deru Timur

Ilustrasi Kebakaran
Ilustrasi kebakaran rumah

Disaat warga tionghoa merayakan Hari raya imlek, warga Desa Deru timur digegerkan adanya kebakaran. sekira pukul 22.15 Wib terdengar jeritan meminta tolong di sekitar RT 3 rw 1. dari kejauhan asap sudah membumbung tinggi disertai warna kemerah-merahan di atas langit.

titik api itu bersumber dari rumah Jasman (pak nopi). masyarakat sekitar langsung menuju ke sumber api dan langsung menyiram dengan alat seadanya. terlihat deretan pemuda-pemuda yang menggunakan pakaian putih mengambil air dari got dan sambung-menyambung langsung menyiram ketitik api. “cukup sulit mematikan api mas, untungnya banyak sekali anak-anak PD (perisai diri) waktu itu sedang latihan yang ikut membantu” ucap sudar salah seorang warga.

bangunan yang berbahan separuh tembok dan kayu itu masih di selimuti api bahkan terkadang terdengar suara patahan kayu (kretek-kretek). bersamaan itu masyarakat tambah semangat untuk memadamkan api. tidak itu saja karena kondisi TKP (tempat kejadian perkara) cukup rapat, banyak terlihat warga yang mulai panik mengeluarkan perabot rumah tangga masing-masing. karena di khawatirkan menjalar kerumah yang lain.  latif salah satu tetangga mengatakan “api berasal dari ruang belakang dan membesar begitu cepat, saya berusaha menyelamatkan jiwa dulu, kebetulan ada dua lansia di dalam rumah “.

kondisi terasa mencekam di tambah lampu-lampu warga sekitar banyak yang di matikan, karena di khawatirkan terjadi korsleting.  pada pukul 22.30 penulis mencoba menelepon Pemadam kebakaran tapi tidak di respon, mencoba hubungi BPBD (Badan penanggulangan bencana daerah) ada nada sambung tapi sayang tidak diangkat. akhirnya mencoba menghubungi Humas Pemkab Bojonegoro syukurlah diangkat dan akan ditindak lanjuti. beberapa saat kemudian kontak ke kawan wartawan dan dia memberi info bahwa mobil PMK siap meluncur tapi masih menunggu isi air. (waduh sulit teratasi kalau begini. belum lagi perjalan ditempuh menghabiskan waktu sekitar 30 menit).

Kondisi apipun berangsur-angsur padam walaupun masih ada titik-titik api kecil yang terlihat. dari ujung selatan terlihat lampu mobil yang cukup cerah (mobil pemadam kebakaran) ada dua unit mobil yang berjalan mengarah ke TKP. sesampai di TKP banyak masyarakat yang mencemooh bahkan mengolok-olok. di maklumi karena kedatangannya sudah di tunggu-tunggu, dan baru sampai 45 menit kemudian.  Darsuki kepala Desa Deru meyayangkan terlambatnya pemadam kebaran “harusnya pemadam kebakaran bekerja profesional”.

Sampai berita ini di tulis belum di ketahui penyebab terjadinya kebakaran. penyidik kepolisian masih melakukan olah TKP. tetapi menurut tambunan salah satu tetangga yang sempat masuk kerumah sebelum api membesar, titik api terlihat dari sebuah kamar. “dari kamar pojok belakang sudah terlihat mengepul kemungkinan korsleting listrik”.

Jasman pemilik rumah waktu terjadi kebakaran tidak ada di rumah, karena lagi kerja di surabaya. tidak ada korban jiwa dan perkiraan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. (Kang Iwan)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

2 Comments

  1. Smg Bpk. Jasmman dan kluarga di beri ktbahan hati.
    Krn musibah ini bukan permintaan tp kjdian yg gak bisa di elakan.
    Mudah2an kluarga korban bisa mnerima dgn ikhlas atas musibah trsbt, tetep smgat dan membangun rumah baru lagi.

    Aamiin…

    Buat warga Desa Deru salut deh atas gotongroyongnya memadamkan api.
    Ucapan Trimakasih Special buat para pemuda yg BERSERAGAM PUTIH atas partisipasinya di mlm kejadian trsbt.
    Buat tim PMK trimksh jg walau sempat terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.