Sulit Cari Sumber Air, Desa Bisa Ajukan Survey Geolistrik

Deru (23/11) kimderumaju.com – Kondisi kemarau tahun 2018 menjadi persoalan tersendiri bagi warga Bojonegoro, bahkan data Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebut terdapat 16 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dilanda kekeringan.

pada musim kemarau tersebut sumber air yang ada tidak keluar air setetespun. pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro membuka peluang untuk membantu dalam menemukan titik potensi air bawah tanah dengan teknologi Geolistrik.

Ditemui di sela-sela survey pencarian sumber air di Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, petugas survey geolistrik dari Badan Sumber Daya Alam (SDA), Rahman Menjelaskan pihaknya siap membantu menemukan titik air bawah tanah disebuah wilayah.

“Silahkan pihak Desa mengajukan proposal bantuan survey geolistrik, nanti kami akan terjun langsung dengan tim” ujarnya kepada KIM Deru Maju.

Teknologi geolistrik sendiri baru dimanfaatkan Pemkab Bojonegoro dua tahun terakhir. dari uji surve 300 lokasi hanya empat yang gagal. artinya 90 persen keberhasilan dari tekhnologi ini.

Dengan konsep membentang kabel sepanjang 400 meter, teknologi ini akan membaca kedalaman tanah dengan lengkap materi bawah tanah dan mampu membaca bebatuan, pasir dan tanah. dari sinilah akan terlihat potensi air bawah tanah. (*/wan

Updated: November 23, 2018 — 1:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2018 Frontier Theme