Tanggapan Masyarakat Desa Deru untuk e-KTP

Antusias masyarakat Desa Deru berkaitan pengadaan e-ktp cukup bagus. Hal itu terlihat banyaknya yang hadir di kantor kecamatan Sumberrejo. Siang itu pukul 14.00 banyak yang sudah mengantri untuk menunggu giliran foto.
Walaupun tidak jarang ada beberapa warga yang datang tetapi suratnya ketinggalan, mbah slamet misalanya beliau sudah datang di awal bahkan bersamaan dengan penulis deru maju. Terpaksa beliau harus menyuruh cucunya untuk mengambil. “lha iyo keri tho le, iki mau tak kon putuku njupuk” jawa.(la iya surat panggilannya ketinggalan, ini tadi saya suruh cucuku untuk mengambil). Perlu di ketahui semakin cepat menyetorkan surat panggilan maka semakin cepat pula dipanggil.
Jarak antara Desa Deru dengan kecamatan sekitar 3 km. jarak yang lumayan tentunya. Tapi tidak sedikit warga yang menggunakan sepeda pancal dengan alasan lebih santai, sambil jalan-jalan atau nggak mau ngrepotin orang lain. Darnadi misalnya dia rela berangkat lebih awal untuk sampai di kantor kecamatan. “Asline aku mau wis teko jam siji to le, lha karo pakwo kon muleh maneh yowis muleh. Untunge ora keri he he” jawa. (sebetulnya tadi saya sudah datang jam satu to nak, lha sama pak kasun disuruh pulang. Ya sudah tadi pulang dan kembali. Untungnya tidak ketinggalan).
Setelah penulis sampai di Desa masih banyak pula warga yang belum berangkat. Dengan alasan sudah tua , tidak ada yang mengantar dll. Mbah kenang misalnya umur sekitar 70 an. Dia tidak datang karena jauh dan malas serta factor umur pula. “yowislah wong wis tuek ae, biyen sing ning mbale deso kae yo teko” jawa “ya sudahlah lagian sudah tua, kalau dulu waktu diBalai Desa yang datang”.
Inilah potret masyarakat Desa Deru menanggapi e-ktp. Banyak yang antusias ada pula yang tidak ikut karena berbagai macam alasan. e-ktp cukup penting kaitannya pendataan data pribadi, dan dapat meminimalisir KTP ganda. Program pemerintah tidak akan berjalan dengan sukses, apabila masyarakat tidak mendukung. Pemerintah desa mempunyai peranan penting untuk mengedukasi, mensosialisasikan pentingnya e-ktp. (kang iwan)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.