Tim Penggerak PKK Bojonegoro Gelar Rakor Bersama

Bupati Bojonegoro membuka Rakor Bersama Tim Penggerak PKK dan Kader Se-Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Pemkab Bojonegoro siang ini (01/8)

Pewarta: Iwan Siswoyo
Bojonegoro (01/8) kimderumaju.com Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bojonegoro Jawa timur dan Para Kadernya menggelar Rapat Koordinasi bersama di Pendopo Malowopati Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bojonegoro siang ini. Rakor akan dilaksanakan selama 5 hari yakni mulai tanggal 1 sampai 3 agustus dan dilanjutkan pada tanggal 7 dan 8 Agustus dengan peserta Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa serta Kader PKK di semua bidang dan Pokja diseluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bojonegoro.
Organisasi wanita yang berada di tingkat seluruh Desa ini diharapkan mampu berkiprah sebagai mitra dan ujung tombak dari pencetus gagasan dan inovasi bagi Desa masing-masing.

Setelah membuka Rakor Bupati Bojonegoro Suyoto dalam sambutannya mengingatkan peran PKK lebih menguasai dalam semua lingkup. Mulai dari menggerakkan dari rumah, Desa, Kecamatan bahkan Negar.a

Kang Yoto (sapaan akrab Bupati) mencontohkan Peran PKK dalam pembangunan di Bojonegoro sangat penting. “Dengan  data  dawis  kita  bisa  mengetahui  jumlah  ODF atau kepemilikan  jamban.  Kemudian kita bisa mengetahui jumlah balita gizi kurang secara pasti dengan menyertakan nama serta alama” ucapnya.

Serius : Tim Penggerak PKK dan Kader serius ikuti Rakor bersama

Bupati menambahkan preventif gizi buruk yang mengetahui lebih dahulu adalah ibu ibu yakni kader PKK. 

Dalam rapat evaluasi  setiap  jumat  kita akan memaparkan kondisi balita dan pendidikan di Bojonegoro. Seperti saat ini dimana kita benar-benar mendata jumlah anak-anak usia sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Bahkan Para  camat  kini  tengah  membuat  laporan  detail anak  usia  sekolah  yang tidak  bersekolah.  “Jika diketahui maka orang tua dan anak akan di panggil  di Polsek  untuk mengetahui secara  gamblang  mengapa mereka tidak bersekolah.  Oleh karenanya  kedepan  Pemkab  Akan berkerjasama dengan Aparat  Kepolisian  untuk mensukseskan gerakan  ayo sekolah” pesannya

Dihadapkan  para kader Tim Penggerak  PKK Kang yoto mengingatkan  tentang  pentingnya ketrampilan  hidup yakni 9 ketrampilan  hidup  yang wajib  diajarkan  kepada para seluruh peserta didik.  
Sementara itu Ketua  TP PKK  Kabupaten  Bojonegoro Mahfudhoh  Suyoto dalam  sambutannya  menyampaikan  bahwa Rakor  PKK untuk mengingatkan  jati diri kita  sebagai anggota  PKK.  PKk harus senantiasa  ada ditengah  masyarakat  untuk mendukung  kinerja  dan program  pemerintah.  Dengan data lengkap hasilnya untuk diberikan  kepada  pemangku  kebijakan  ditingkat  desa.  Sejalan dengan 5 pilar Pkk  dalam berkarya melalui ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan  dan  keharmonisan yang didukung dengan ketrampilan  hidup  yang dibutuhkan  dewasa kini. 

5 Pilar  dan Buku  Dawis  sejalan dengan  program yang dijalankan  pemerintah  mulai gerakan  ayo sekolah  dan bagaimana mendata anak anak usia sekolah yang belum terlayani pendidikan.  Dia juga mengingatkan Kesuksesan  program diawali dengan tersedianya data yang valid dengan adanya buku inovasi  data dasar wisma yang sudah dijalankan  pkk secara digital dan berbasis  IT. 

Bu Yoto  mengajak  kepada  seluruh  perempuan  untuk memperhatikan  kesehatan  mereka salah satunya dengan  menambah  pengetahuan  tentang  penyakit kanker mulai kanker serviks, kanker  payudara, kanker lain  sebagai. Semua  dipicu dengan  adanya stimulan  makanan  yang  berpengawet  dan mengandung bahan  berbahaya  lainnya  akan  memicu  perkembangan  sel  kanker. 

Dalam Raker ini juga menyinggung  pentingnya  keharmonisan  yang meliputi  segala  aspek, bahagia  tak  hanya bersama suami namun  juga  kepada anak-anak  dan keluarga  kita.  Dengan  keharmonisan  ini akan terwujud Wong Jonegoro yang bahagia. Raker  ini  adalah  untuk sinkronisasi antara buku dawis dengan buku  administrasi  pkk,  akan dikembangkan ulang  untuk menata  administrasi PKK yang meliputi buku inti dan buku baku. Administrasi  yang ada dilihat sepintas ada kendala atau kesulitan  utamanya  sinkronisasi data dengan administrasi  yang ada.  Sehingga  banyak ditemukan  ketidak  samaan  dengan data dawis dan data di asing masing  pokja.  Buku ini dibuat  agar memudahkan  tata administrasi  di PKK. (*/kdm)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036