Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemdes Deru Buka Pelatihan

Pewarta : Irawan

Deru (27/11) kimderumaju.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Deru Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro melaksanakan pelatihan ketrampilan bagi warganya dengan tema “Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Peningkatan Ekonomi”. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa setempat ini dibuka langsung oleh Camat Sumberrejo, M. Ilham pada selasa ini.
Kegiatan direncanakan berlangsung mulai tanggal 27 Nopember sampai 15 Desember 2018. Untuk pelatihan awal dimulai dengan ketrampilan anyaman rotan. Adapun anyaman langsung dilatih oleh perusahaan rotan dan pengrajin dari Kabupaten Gresik.
Yusuf Ismail selaku ketua panitia menjelaskan, pelatihan ini diharapkan menjadi “jembatan” bagi warga untuk peningkatan perekonomian.

“Semoga menjadi jembatan bagi masyarakat agar mempunyai berbagai macam keahlian. Pelatihan ini diadakan Pemdes bergandengan dengan BumDes Wahana Sentosa Desa Deru, supaya nanti ketika sudah mahir bisa diberi dana pinjaman dari BumDes agar usahanya semakin maju” tuturnya.

Dia menambahkan Dalam promosi hasil produk nanti juga bisa dibantu secara online oleh pegiat KIM Deru Maju.

Dalam sambutannya Kepala Desa Deru, Mulyono menyampaikan harapan besarnya kedepan dengan ketrampilan yang di punyai warga, Desa Deru menjadi Desa yang Inovatif dan Produktif.

“Sekarang kita sudah tidak perlu jauh-jauh mencari ilmu sampai ke negeri China, sekarang pemerintah desa sudah menyiapkan berbagai ilmu keahlian yang dilaksanakan di balai desa deru. Maka seraplah ilmu itu sebaik mungkin dan semaksimalnya. Sehingga kedepan taraf perekonomian warga semakin meningkat” ucapnya kepada peserta.

M. Ilham, Camat Sumberrejo mengapresiasi positif terhadap kinerja Pemdes Deru yang telah mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Peningkatan Ekonomi kali ini. “Jangan hanya mengedepankan infrastruktur saja, perekonomian warga juga sangat penting. Percuma jika infrastruktur baik akan tetapi daya saing dan keahlian warga tidak mendukung” ucapnya.

Dia mengingatkan Masyarakat harus bisa mengarungi dan bersaing di zaman yang semua sudah modern. Kalau hanya mengandalkan dari pertanian klasik maka akan tertinggal jauh. apa lagi cuaca sekarang sudah tidak menentu.
Dia berharap peserta pelatihan ini menyeluruh dari semua kalangan. Kususnya para pemuda dibekali berbagai macam keahlian melalui sarana pelatihan dan nantinya desa Deru ini menjadi Pionir desa-desa yang lain dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat. (*irw

Updated: November 27, 2018 — 7:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2018 Frontier Theme