Tingkatkan Pengelolaan, Dinas PMD Latih Ratusan Pengurus BUMDesa

Pewarta : Iwan Siswoyo

Bojonegoro (28/11) kimderumaju.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) menjadi salah satu lembaga yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. Bersamaan itu pengelolaan BUMDesa diharapkan lebih baik dalam pengelolaan kedepan.
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bojonegoro menggelar pelatihan dan pembinaan pengelolaan BUMDesa se Kabupaten Bojonegoro di Aula gedung Dinas PMD.
Kegiatan yang terbagi dua hari ini diikuti 278 BUMDesa dari 28 Kecamatan yang ada di Bojonegoro.
Yayan Rohman Plt. sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro mengapreasi positif kegiatan ini, pasalnya pengurus BUMDesa harus paham dan mengerti tentang pengelolaan dan pembukuan tentang kegiatan BUMDesa.
“Pelatihan ini akan berdampak baik bagi pengelola dan pengurus BUMDesa dan akan ada peningkatan produktifitas serta kebermanfaatan bagi Masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes)” tuturnya.
Pelatihan bagi pengurus BUMDesa ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pemetaan dan evaluasi oleh Dinas PMD kepada semua BUMDesa yang terdaftar. Dari sekian ratus BUMDesa hanya dipilih yang sehat dan potensial kedepan.
Kegiatan kali ini juga diisi dengan pengenalan sebuah aplikasi Sia BUMDesa. Yakni sebuah aplikasi pembukuan yang sudah online dan dapat diintegrasikan antar perangkat.
Ipung salah satu tutor dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur menuturkan dengan aplikasi ini, pengurus dan pengelola BUMDesa akan dipermudah cukup input data, semua akan terbukukan dan saling terkait baik jurnal, neraca sampai laporan.
“Cukup menginstal satu server di komputer dan bila membutuhkan banyak laporan dari unit usaha semua bisa terkoneksi” tambahnya. (*/wan

Updated: November 29, 2018 — 6:46 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KIM DERU MAJU © 2018 Frontier Theme