Warga Deru Antusias Ikuti Ngobrol Bareng Perangkat


Pewarta : Fahmi

Deru (17/10) kimderumaju – Untuk kedua kalinya, Pemerintah Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro,  Jawa Timur menggelar dialog Ngobrol bareng Perangkat. Antusiasme  warga nampak dari acara sebelum dimulai, dimana jalan umum harus diblokade dan Warga menggelar tikar untuk mengikuti acara rutin bulanan ini. 

Mengangkat tema Pemanfaatan Internet dan menangkal berita Hoax di Wilayah RT. 10 Dusun Deru barat, Mulyono Kepala Desa Deru membuka langsung dan mengenalkan apa KIM Deru Maju serta capaian dan manfaat bagi Desa Deru. 

” Kita harus bangga dengan keberadaan KIM Deru Maju ini,  merekalah yang mengangkat nama desa, disingkat Kabupaten sampai Propinsi. Nah kita yang dibawa harus berbenah untuk mengombang itu” ucap pria pensiunan Guru agama ini. 

Pada acara kali ini pihak Pemerintah Desa memilih pemuda pemudi diwilayah Dusun Deru barat khususnya RT.10 dan RT.11 sebagai target penyampaian materi dan diskusi. Pada acara yang dihadiri Perangkat Desa, Badan Permusyawarahan Desa (BPD), Ketua Rukun Tetangga (RT) dan beberapa lapisan masyarakat tersebut, Mulyono menghimbau masyarakat terkait maraknya penyebaran berita bohong atau hoax yang akhir-akhir ini banyak dijumpai di media sosial baik itu berupa unggahan gambar, video, maupun tulisan. Kepala Desa Deru tersebut meminta agar Masyarakat Desa Deru lebih bijak dan cerdas dalam bersosial media.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi tentang Pemanfaatan Internet dan bahaya hoax yang disampaikan KIM Deru Maju. dalam sesi ini Iwan Siswoyo menjelaskan manfaat-manfaat positif yang bisa diambil dari penggunaan internet dan sosial media, juga memberikan wawasan kepada para orang tua agar turut serta mengendalikan dan membatasi penggunaan smartphone pada anak-anaknya yang mayoritas sudah bisa mengoperasikan ponsel serba canggih tersebut. 

Ditengah penyampaian materi Ketua KIM Deru maju tersebut juga memutarkan 2 video yang masing-masing memberi contoh dampak positif sekaligus bahaya penyalah gunaan sosial media. Selain itu juga diulas bagaimana media sosial bermanfaat untuk komunikasi dan informasi. 

Agar suasana tidak terlalu tegang, pihak Pemerintah Desa sengaja menyuguhkan hiburan kesenian musik angklung yang didatangkan dari kecamatan balen guna memberikan hiburan kepada masyarakat yang hadir malam itu. 

Di sela meriahnya suasana moderator membuka sesi ngobrol bareng atau tanya jawab, masyarakat mulai mencair dan mengajukan beberapa pertanyaan, keluhan, dan usulan. Bapak Safar salah satu warga RT.11 itu menanyakan cara mangatasi hama tikus yang sekarang menjadi momok bagi  petani di Desa Deru. meskipun keluar dari tema pihak Pemerintah Desa sebisa mungkin menanggapi dan memberikan jawaban yang diharapkan bisa membantu masyarakat. (*/fah

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.