Warga Deru Belajar Batik Untuk Angkat Potensi

Praktik : Para peserta praktik membatik dengan metode cap. (18/11)

Pewarta : Iwan Siswoyo

Deru, kimderumaju – Batik sebagai warisan leluhur menjadi daya tarik bagi siapapun. Begitupula yang saat ini dirasakan warga Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro Jawa Timur, yang lagi melaksanakan pelatihan proses membatik oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nurul Ummah, Senin (18/11/2019).
Kegiatan yang ditujukan untuk 17 peserta dari Masyarakat Desa Deru bertujuan meningkatkan kreatifitas bagi Kelompok Belajar (Kejar) Paket C di Desa setempat. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dapat memanfaatkan peluang untuk membuat dan mendapatkan pemasukan tambahan.
Puji Astutik, Tutor dari PKBM Nurul Ummah kepada KIM Deru Maju menuturkan kegiatan pelatihan membatik ini merupakan langkah lanjutan untuk meningkatkan ketrampilan bagi peserta.
“Peserta sangat antusiasme dengan pelatihan ini, semoga kedepan mereka tambah kreatif dan mendapatkan penghasilan dari membatik” ujarnya.

Penjemuran : Peserta Pelatihan jemur hasil karya batik mereka.

Kegiatan yang dipusatkan di Markas Deru Maju ini dilaksanakan selama enam hari. Dimana setiap peserta dibimbing secara teori sampai praktik. Mulai menggambar pola, menggunakan canting, ngecap, pencoletan warna, penguncian, pelorotan, penjemuran dan sampai selesai.
Untuk bahan dan peralatan semua diberikan secara gratis oleh PKBM Nurul Ummah.
Pihak Pemerintahan Desa (Pemdes) Deru menyambut baik akan pelatihan membatik ini. Kepala Desa Deru, Mulyono berharap Desa Deru mempunyai motif batik sendiri, yang dapat dijadikan sebagai ikon Desa.
“Karena Desa Deru punya potensi pring watu dan kerbau, kami berharap akan muncul batik yang terkait bamboo dan kerbau” ucapnya.
Walaupun masih asing dalam dunia batik, Desa deru cukup optimistis akan kemunculan industri rumah tangga batik. Hal yang perlu difikirakan adalah proses produksi, serta kreasi untuk menunjang penjualan dari hasil kerajinan batik. (*/wan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.