petani masih berharap tanam padi di musim kemarau

padi yang di serang Burung-burung emprit
Tanaman Padi di wilayah Kecamatan Sumberrejo
Tanaman Padi di wilayah Kecamatan Sumberrejo

Kimderumaju. Nggolek buceng kelangan deleg. yang artinya ingin untung besar malah kehilangan keuntungan yang lain. Pepatah ini cukup baik untuk mengingatkan para petani yang berharap untung dari menanam padi.  Sampai saat ini banyak petani yang berharap setiap musim tanam padi, tak terkecuali musim kemarau yang akan datang. tetapi mereka lupa dengan menanam padi terus menerus tentunya tanah sendiri akan kurang berkwalitas. Setiap tahun tanah butuh tanaman selingan seperti palawija.
Selain itu para petani kususnya Warga Desa Deru bergantung air sungai yang berhulu dari waduk pacal. Dengan jumlah pasokan air di sana yang saat ini kondisinya semakin minim bahkan tidak akan mencukupi apabila petani menanam padi. sebelumnya Kepala Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Edy Susanto menjelaskan, mulai saat ini pengaturan aliran air di Waduk Pacal menggunakan sistem proporsional. “Waduk pacal kini dan dulu jauh berbeda, jika dulu waduk pacal memiliki kapasitas 45 juta meter kubik kini hanya tinggal separonya saja, ungkapnya.

Sebagai alternatifnya harus menanam kedelai atau kacang hijau. Penyuluh pertanian Riza anugrah mengungkapkan tanaman yang tepat untuk wilayah sumberrejo itu kedelai dan kacang hijau ” petani sebaiknya menanam kedelai kalau mempunyai cukup modal, tetapi kalau ingin aman ya kacang hijau” tunjuknya. (Kang iwan.)

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.