Tak ada embung, embong sungaipun jadi

Embong sungai untuk cadangan air
Embong sungai untuk cadangan air
Embong sungai untuk cadangan air

Kimderumaju. Embung manjadi prioritas untuk perkembangan pertanian di Kawasan Bojonegoro. Bahkan sudah ada puluhan embung di bangun Pemerintah setempat. Tetapi tidak semua Desa ada embungnya, salah satunya Desa Deru. Saat ini mereka mengandalkan air sungai yang telah di embong (tahan:jawa).
Embong ini di bangun permanen dengan ketinggian air 2 meter dari dasar tanah. Dengan embong ini para petani mempunyai cadangan air untuk mengaliri sawah. Mereka menggunakan pompa air diesel untuk mengaliri sawah, dengan memanfaatkan embong ini sebagai tempat persediaan.

Tidak hanya membendung air  Bangunan ini mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai jembatan. Dulu sebelum di bangun para petani menyebrang dengan bambu tetapi karena ketinggian air tidak menentu jembatan bambupun kadang hilang ikut terbawa arus. Untuk petani yang lahannya jauh dari jembatan terkadang harus berjibaku dengan langsung menyebrang tanpa bantuan apapun.
Untuk lokasi embong ini berada tepat di penghujung antara lahan persawahan dan pemukiman penduduk. Yang artinya sangat bermanfaat bagi para petani yang ada di sekitaran embong. dengan embong ini dapat mengaliri 5 hektar persawahan, apabila di bantaran sungai ini di bangun 2 atau 3 lagi embong yang sama maka bisa di lihat perkembangan pertanian yang ada di Desa Deru. Kang iwan.

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.