Tetap Berjuang Walaupun Penjualan Hanya 100 Tusuk

Bojonegoro, kimderumaju.com – Sepulang tugas jam 10 malam sengaja saya cari lauk untuk makan malam yang beda. Maklumlah sudah dua hari ini makan sayur gudeg dan lontong, menu yang biasa dibuat oleh keluarga.
Tepat di jalan Panglima polim yang tak jauh dari lampu merah, seorang pria dengan gerobak berbentuk perahu, mengipas-ngipas bara api.
Dialah zainal arifin, pria asal Kabupaten Sampang yang menjual sate ayam sejak 2006 silam.
Sepanjang ramadhan ini penjualan sate andalannya turun drastis, dari 200 an tusuk kini tinggal 100 tusuk semalam. Penyebabnya karena beberapa akses jalan yang ia lewati mulai jam 9 malam sudah di tutup oleh warga.
Sate yang ia jual dengan harga seribu per tusuk inipun saat ini dijual dengan 12 ribu. Hal ini karena harga ayam yang naik dan minimnya jumlah penjualan.
Belum lagi setiap malam dia harus berhadapan dengan petugas keamanan, yang memberlakukan jam malam di Bojonegoro.
Pria dua putra ini menuturkan akan tetap berjuang demi keluarga yang harus dihidupi, yang ia ajak ngontrak di kelurahan Banjarejo itu.
Istrinya setiap sore juga tak mau diam di daerah perantauan ini. Setiap sore juga menjual sate dengan cara “mider” keliling ke rumah-rumah warga.
Pria yang baru beberapa tahun pindah kependudukan ke Bojonegoro inipun berharap mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah. “kemarin sudah setor 8 lembar Kk dan ktp ke kelurahan mas” ujarnya sambil membolak-balikan tusuk bambunya agar tidak terbakar.
Dirinyapun mengaku tidak bisa mudik ke Sampang, karena kondisi pandemi covid-19 saat ini. Rasa kangen pasti ada, tapi dia pasrah untuk menahan kengennya pada orang tua.
Mungkin banyak pula zainal-zainal lain yang bernasib sama. Bahkan ada yang sudah tidak bisa beraktifitas kembali dengan segala problemnya.
Jalan terbaik adalah membeli produk mereka, siapa tahu hasil dari penjualan satu tusuk saja, sangat berarti bagi mereka. (*wan

Kontak Kami

Admin KIM Deru maju
Jl. Dharma Bhakti Gg. Jaga baya No 110 Desa Deru Kec. Sumberrejo. Kab. Bojonegoro Jawa Timur. 62191
Telp/Sms/Wa 081554793036

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.